Singel Uptown Funk Kembali Dituduh Plagiat

Cecylia Rura    •    01 Januari 2018 11:58 WIB
bruno mars
Singel Uptown Funk Kembali Dituduh Plagiat
Mark Ronson dan Bruno Mars (Foto: Getty Images)

Los Angeles: Singel Uptown Funk yang dinyanyikan Bruno Mars dan Mark Ronson kembali digugat. Dilaporkan laman TMZ, trio hip hop 70-an The Sequence menggugat singel tersebut menyerupai lagu besutan mereka Funk You Up yang dirilis tahun 1979.

Dalam dokumen gugatan yang diajukan ke pengadilan, The Sequence mengklaim singel Uptown Funk menjiplak elemen dasar dan komposisi pasa singel besutan mereka terdahulu. Trio hip hop tersebut memintal dilakuan pemeriksaan oleh juri sidang dan meminta sejumlah uang.

Ini bukan kali pertama Uptown Funk digugat dan dituduh sebagai hasil jiplakan. September lalu singel tersebut tersandung kasus hukum dengan pihak Lastrada Entertainment, yang memiliki kewenangan hak cipta singel More Bounce To The Ounce yang dibawakan band punk Zapp atau lebih dikenal Zapp & Roger. Bruno Mars dan Mark Ronson dituduh menjiplak singel yang sempat masuk dalam daftar Billboard Hot 100 di tahun 1980.

Tahun 2016, Bruno Mars dan Mark Ronson kembali digugat oleh band Collage atas pelanggaran hak cipta. Band asal Minneapolis tersebut mengklaim Uptown Funk sebagai singel yang menjiplak persis singel mereka Young Girls yang dirilis 1983.

Sebelumnya, tiga anggota dari The Gap Band sempat mengklaim singel Uptown Funk menjiplak karya band mereka Oops! Upsode Your Head. Begitu pun dengan Viktorija, penyanyi asal Serbia yang mengklaim singel yang dirilis pada 11 November 2014 lalu menjiplak sing miliknya, Ulice Mracne Nisu Za Devojke.

Di sisi lain, pentolan grup Queens of the Stone Age memuji kinerja Mark Ronson dalam singel Uptown Funk. Ia pun menggandeng Ronson dalam pengerjaan album terbaru mereka Villains yang dirilis pada 25 Agustus 2017.




(DEV)

Nyawa Lain Yon Koeswoyo

Nyawa Lain Yon Koeswoyo

4 days Ago

Yon dan Koes Plus meninggalkan segudang warisan bagi generasi setelah mereka. Semasa jayanya, K…

BERITA LAINNYA