Terungkap Makna Nama Soekamti dari Endank Soekamti

Agustinus Shindu Alpito    •    10 November 2017 17:48 WIB
endank soekamti
Terungkap Makna Nama Soekamti dari Endank Soekamti
Peluncuran album Salam Indonesia (Foto: dok. Endank Soekamti)

Metrotvnews.com, Jakarta: Selama belasan tahun berdiri, berbagai mitos mengiringi arti nama dari grup asal Yogyakarta, Endank Soekamti. Pada saat merilis album kedelapan Salam Indonesia, di Galeri Indonesia Kaya, Jakarta, pada Kamis (9/11/2017), Endank Soekamti akhirnya menceritakan arti nama grup mereka.

Dory, Erix dan Tony merilis album dengan cara unik. Mereka memutar video dokumentasi pembuatan album Salam Indonesia yang dilakukan di Papua, kemudian tiga personel itu naik ke panggung untuk menceritakan 16 tahun perjalanan mereka dengan menyertakan fakta-fakta kocak.

Di tengah nostalgia itu, mereka menghadirkan video dokumenter tentang perjalanan Endank Soekamti mencari sosok bernama Ibu Soekamti yang menginspirasi mereka.

“16 tahun berdiri dan tanpa permisi (kepada Ibu Soekamti) dan minta maaf, murid macam apa kami ini,” ujar Erix.

Lewat video itu tampak mereka sempat kesusahan mencari rumah Ibu Soekamti, yang merupakan guru Erix saat menimba ilmu di Sekolah Menengah Musik di Yogyakarta.

“Aku dapat nomor Ibu Soekamti dari grup alumni,” kata Erix dalam video itu.

Singkat cerita, mereka berhasil menemui Ibu Soekamti. Tampak keakraban di antara mereka. Dari pertemuan itu Erix baru tahu makna nama Soekamti sebenarnya.

“Malam hari itu saya baru dikasih tahu bahwa bapaknya Ibu Soekamti itu memberi nama Soekamti ada maknanya. Soe artinya indah. Kam itu datang, mungkin dari Come, Ti itu karena wanita. Jadi artinya kehadiran yang membawa kebaikan atau keindahan,” jelas para personel Endank Soekamti.

Dari awal terbentuk hingga saat ini, Endank Soekamti memiliki segudang pengalaman. Mulai dari gonta-ganti personel, keluar-masuk label besar, hingga berdikari mendirikan label sendiri dan tumbuh menjadi komunitas musik yang saling memberdayakan para penggemar dan personelnya.



 


(ELG)

Cinta 99% Dea Dalila

Cinta 99% Dea Dalila

3 days Ago

Di momen yang tepat dan didukung tekad yang kuat, Dea memberanikan diri. Dia resmi memutuskan k…

BERITA LAINNYA