Deadmau5 Kritik Tren Kolaborasi Calvin Harris

Purba Wirastama    •    12 Mei 2017 07:00 WIB
calvin harris
Deadmau5 Kritik Tren Kolaborasi  Calvin Harris
deadmau5 (Foto: Billboard.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: DJ dan produser musik Joel Thomas Zimmerman alias deadmau5 mengkritik Calvin Harris soal tren kolaborasinya dengan sejumlah musisi ternama. Menurutnya, kolaborasi Calvin berlebihan dan semata mengejar angka penjualan.

Calvin akan merilis album kelima berjudul Funk Wav Bounces Vol. 1  pada 30 Juni mendatang. Materi album ini memang digarap bersama selusinan lebih musisi besar, seperti Frank Ocean, Katy Perry, Big Sean, John Legend, dan D.R.A.M.

Lewat akun Twitter, @deadmau5 mencuit pertanyaan sindiran soal siapa Calvin sebelum populer.

"Adakah yang ingat ketika Calvin Harris hanyalah... Calvin Harris? Siapa orang-orang lain ini? Mengapa mereka?" kata deadmau5.

Secara sarkastik, deadmau5 kemudian mencatut serangkaian nama musisi yang seolah pernah berkolaborasi dengannya. Mulai dari penyanyi Barry Manilow dan Gloria Gaynor hingga pemain basket Steve Nash.

 

"(Aku) sangat benci melihat apa yang kusukai 'diperkosa' oleh budaya populer hanya demi angka penjualan untuk orang-orang bodoh," ujarnya.

Seseorang dengan akun @AfrancesadoATM menganggap bahwa deadmau5 iri karena artis yang berkolaborasi Calvin tidak bekerja dengannya.

"Tidak begitu. Secara personal aku senang telah mengatur segalanya sendiri. Aku tidak akan menukarnya untuk jutaan angka penjualan album. Sebagian mungkin begitu," jawab deadmau5.

Pria Kanada kelahiran 1981 ini juga mengaku bahwa dia tidak anti dengan kolaborasi. Karya hasil kolaborasi akan jadi bagus jika prosesnya berjalan dengan baik. Kelompok orang seperti Calvin, menurutnya, memaksakan cara semata demi terkenal, bukan demi seni.

Pada tahun 2009, deadmau5 pernah melakukan remix lagu Calvin Harris berjudul I'm Not Alone. Beberapa lagu deadmau5 juga digarap dengan sejumlah musisi.

"(Kritik) ini bukan hal baru. Hanya ejekan biasa soal orang yang jelas-jelas tahu bagaimana menjual dirinya demi kapitalisme. Sudahlah," tukas deadmau5.


(DEV)