Karsa dalam Musik Tradisi

Pelangi Karismakristi    •    17 Juni 2018 19:00 WIB
galeriindonesiakaya
Karsa dalam Musik Tradisi
Pria yang sedang memainkan alat musik bundengan. Foto; Metrotvnews.com/ Rofahan

Jakarta: Tak hanya budaya, Indonesia juga kaya musik tradisional yang hingga kini masih dilestarikan. Bahkan, banyak pula yang sudah membawa musik tradisional ke kancah internasional.

Misalnya, Supriyadi, pemusik asal Wonosobo, Jawa Tengah. Dia melestarikan alat musik tradisional khas daerahnya, bundengan. Disebut bundengan, karena ketika dipetik menghasilkan suara berdengung.

Bentuknya pun unik. Jika dilihat sepintas seperti bukan alat musik. Dahulu, bundengan memang bukan alat musik, melainkan alat berteduh bagi penggembala bebek saat hujan, atau disebut kowangan. Kemudian oleh para penggembala kowangan ini dipasang tali ijuk sehingga menimbulkan bunyi ketika dimainkan. 

Seiring berjalannya waktu, bundengan sering digunakan untuk mengiringi beberapa tarian tradisional dan shalawat. Kini alat musik langka tersebut menjadi favorit di Korea Selatan dan Rusia.

Selain Supriyadi, ada juga komunitas musik Uku Iki yang mengandalkan alat musik ukulele. Ukulele yang berukuran kecil menciptakan suara musik yang khas didengar dan menjadi salah satu alat musik yang digemari. 

Komunitas ini memiliki anggota yang tidak terbatas latar belakang usia dan profesi. Mulai dari anak-anak, hingga mereka yang sudah berumur lebih dari 60 tahun.

Meski tidak diketahui pasti mengenai asal muasal alat musik dengan empat senar ini, ukulele dipercaya menjadi alat musik yang legendaris di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia. Tidak jarang juga, Ukulele mengiringi tari tradisional.

Terdapat pula sebuah grup duo yang menamakan dirinya V1MAST. Grup yang telah terbentuk sejak 1997 ini, berhasil memadukan musik tradisional dan modern menjadi alunan melodi yang indah. 

Ada beberapa lagunya yang diiringi dengan alat musik tradisional, seperti gamelan, suling, sasondo, gendang, dan lain-lain. Alasan mereka simpel, ingin memperkenalkan budaya Indonesia di musik Eropa. 

Alhasil V1MAST pun sukses membangun kesukaan dan kecintaan terhadap musik etnik Indonesia ala grup yang digawangi oleh Viza dan Vaiz ini. Bahkan pada 2017 lalu, grup musik asal Jakarta ini telah berhasil mengeluarkan albumnya di Eropa.

Ingin tahu cerita selengkapnya? Simak selengkapnya dalam program IDEnesia, Episode Karsa dalam Musik Tradisi, Minggu, 17 Juni 2018 pukul 21.30 WIB, hanya di Metro TV.


(ROS)

SMASH Menolak Bubar

SMASH Menolak Bubar

1 week Ago

SMASH kembali bukan sebagai 'Seven Man As Seven Heroes'. Berenam; Bisma Kharisma, Rangg…

BERITA LAINNYA