synchronize festival 2016

Tak Percuma Begadang Nonton Rhoma Irama dan Soneta

Elang Riki Yanuar    •    30 Oktober 2016 03:47 WIB
synchronize festival
Tak Percuma Begadang Nonton Rhoma Irama dan Soneta
Soneta (Foto: Metrotvnews/Elang)

Metrotvnews.com, Jakarta: Jelang tengah malam, beberapa area di Gambir Expo Kemayoran mulai terlihat sepi. Ratusan orang yang tadinya lalu lalang dan tersebar di sejumlah tempat rupanya berbondong-bondong menuju satu tempat.

Para penonton Synchronize Festival 2016 itu terpusat di Dynamic Stage, tempat Rhoma Irama dan Soneta tampil. Tepat pukul 23.30 WIB, Rhoma dan personel Soneta tampil ke atas panggung.

"Saya ingin mengenalkan apa itu dangdut. Are you ready?" ujar Rhoma yang langsung mendendangkan lagu Viva Dangdut.

Tabuh ketipung dan tiupan suling Soneta langsung membuat penonton Synchronize Fest hari kedua larut dalam alunan musik. Mereka tanpa malu-malu bergoyang dan bergembira.

Rhoma sepertinya sadar, kehadiran Soneta di ajang musik seperti Synchronize Festival merupakan pemandangan langka. Penonton Soneta adalah orang-orang yang juga menyaksikan The Brandals, White Shoes & The Couples Company, Endank Soekamti atau band metal NOXA sebelumnya. Genre musik mereka jauh berbeda satu sama lain. Tapi mereka kini menyatu tanpa ada lagi sekat genre dalam satu acara.

"Terima kasih Synchronize Festival telah menyatukan seluruh musik Indonesia," ucap Rhoma yang langsung menyanyikan lagu Malam Minggu.


Soneta (Foto: Metrotvnews/Elang)

Puluhan penggemar yang tergabung dalam Forsa (Fans Rhoma Irama dan Soneta) tampak hadir. Mereka berdiri paling depan, berbaur dengan anak-anak remaja yang sama antusiasnya ingin melihat penampilan Raja Dangdut.

Aksi selanjutnya sudah bisa ditebak. Sejumlah lagu-lagu Soneta yang terkenal dibawakan membuat penonton semakin hanyut. Sebut saja seperti Adu Domba, Santai, Judi hingga Mirasantika.

Penampilan Soneta dan Rhoma memang berbeda dari penyanyi dangdut pada umumnya. Aksi panggung Soneta merupakan suguhan yang tampak terkonsep dan rapi. Mereka selalu tampil dengan gerakan yang kompak sambil memegang alat musik.

Hampir jarang kita lihat Rhoma atau personel Soneta bergerak jauh dari posisi awal mereka. Malam itu, Soneta dan Rhoma pun begitu. Rhoma tak butuh menghampiri semua sudut panggung. Toh, keintiman mereka dengan penonton tetap terjalin.

Sebelum memulai lagu, Rhoma selalu menyapa penonton dan mengajak mereka berinteraksi. Tak lupa, dia menyisipkan pesan-pesan moral seperti bahaya narkoba dan minuman keras. Atau juga pesan mendukung pemerintah melakukan perbaikan di sektor hukum sebelum membawakan lagu Reformasi.

Aksi Soneta berakhir ketika mereka usai membawakan lagu Insya Allah. Mereka sudah meletakkan alat musiknya. Namun, desakan penonton yang meminta mereka tampil lagi membuat Rhoma tak kuasa menolak. Dia kembali mengambil gitar buntungnya lalu membawakan lagu Begadang.

"Begadang boleh saja, kalau nonton Soneta," kata Rhoma mempelesetkan lirik lagunya sendiri.


Soneta (Foto: Metrotvnews/Elang)

Setelah lebih dari 90 menit, Rhoma dan Soneta akhirnya benar-benar mengakhiri penampilan mereka. Lagu Darah Muda dipilih menjadi lagu pamungkas. Usai sudah Synchronize Festival 2016 hari kedua. Penonton pun puas. Tak sia-sia mereka begadang menonton Rhoma dan Soneta.

Synchronize Festival masih menyisakan satu hari lagi yaitu pada Minggu, 30 Oktober. Di hari terakhir ini akan tampil sejumlah musisi Tulus, Krakatau, The Groove, The S.I.G.I.T, Seringai, Efek Rumah Kaca, Silampukau, Naviculla, Barasuara, Glenn Fredly dan masih banyak lagi.


(ELG)

Senandung Senja Yon Koeswoyo

Senandung Senja Yon Koeswoyo

1 month Ago

Tubuh pria tua itu hanya bersandar di sebuah sofa berwarna cokelat. Seorang kawan di dekatnya m…

BERITA LAINNYA