Pendapat Kendrick Lamar Soal Keterlibatan "Ghostwriter" dalam Hip-Hop

Agustinus Shindu Alpito    •    10 Agustus 2017 11:00 WIB
musik
Pendapat Kendrick Lamar Soal Keterlibatan
(Foto: via NME)

Metrotvnews.com,. Jakarta: Musisi hip-hop Kendrick Lamar berpendapat soal keterlibatan penulis bayangan atau biasa disebut “ghostwriter” dalam kancah hip-hop.

Beberapa waktu lalu, Drake dikritik oleh Meek Mill karena dianggap menggunakan penulis bayangan dalam musiknya.

Untuk mengungkap fenomena ini, Rolling Stone lantas mewawancarai Kendrick, salah satu musisi hip-hop paling berperngaruh saat ini. Kendrick merespons pertanyaan itu dengan cukup bijak.

“Itu tergantung pada arena apa Anda menempatkan diri. Saya menyebut diri saya sendiri rapper terbaik. Saya tidak bisa menyebut diri saya rapper terbaik jika saya menggunakan ghostwriter.”

“Jika Anda mengatakan diri Anda tipe artis yang berbeda dan tidak terlalu peduli soal gagasan seni untuk menjadi rapper terbaik, maka lakukanlah (menggunakan ghostwriter). Buatlah musik yang bagus. Tetapi untuk itu (menggunakan ghostwriter), saya tidak pernah melakukannya,” kata Kendrick.

Kendrick baru saja merilis album ke-empat bertajuk Damn, pada April lalu. Album itu menjadi penerus album To Pimp a Butterfly  yang sukses dan mendapat banyak penghargaan, termasuk Grammy Awards.


(DEV)

Renjana Base Jam Bernostalgia

Renjana Base Jam Bernostalgia

2 days Ago

"Sesuai lagu kita yaitu, Jatuh Cinta dan Rindu. Bagaimana mengenang awal orang 'jatuh …

BERITA LAINNYA