Ananda Sukarlan akan Pentaskan Karya Ismail Marzuki dalam Simfoni Orkestra

Purba Wirastama    •    19 Desember 2018 15:01 WIB
musik klasik
Ananda Sukarlan akan Pentaskan Karya Ismail Marzuki dalam Simfoni Orkestra
Ananda Sukarlan bersama Rahmi Ismail Marzuki (kanan) serta Charles Bonar Sirait dan Nita Kartikasari dari Kaya.ID (Foto: dok pribadi)

Jakarta: Setelah sukses dengan proyek gubahan Rhapsodia Nusantara, musisi dan komponis Ananda Sukarlan mengadaptasi karya-karya musik Ismail Marzuki ke dalam bentuk simfoni untuk orkestra. Simfoni ini akan dikenalkan pertama kali dalam konser bertajuk Millenial Marzukiana pada Januari 2019. 

"Ini konser tahunan, tetapi setiap tahun beda tema," kata Ananda kepada Medcom.id, Rabu, 19 Desember 2018.

"Tema tahun depan itu tentang Ismail Marzuki, tetapi musiknya dikemas dalam orkes yang megah. Kemudian, ada solois dengan instrumen berbeda yang semuanya (generasi) millenial," lanjutnya.

Ananda sebenarnya hendak mengadaptasi karya Ismail sebanyak mungkin. Namun jelang konser bulan depan, dia sudah berhasil membuat simfoni untuk enam lagu ciptaan Ismail, antara lain Melati di Tapal Batas, Selendang Sutra, dan Gugur Bunga.

"Alasannya personal. Saya suka karya-karya beliau," kata Ananda tentang kenapa dia memilih lagu-lagu ciptaan Ismail Marzuki. "Melodinya sangat canggih, indah, dan buat saya, sangat universal. Jadi kalau musiknya tanpa kata-kata, itu seluruh dunia bisa menikmati dan bahkan tersentuh."

Rencananya, gubahan simfoni ini tidak hanya berhenti di konser Millenial Marzukiana. Misi besarnya, dia ingin mengenalkan musik Indonesia ke dunia internasional dalam jangka panjang. Karya simfoni ini akan beredar lebih luas dalam bentuk partitur orkestra yang bisa dimainkan oleh grup-grup orkestra di berbagai negara. 

"Ini strategi kebudayaan positif. Lihat saja, musisi Indonesia kan suka main karya Beethoven atau Mozart. Saya ingin musisi negara lain punya material yang bukan hanya Beethoven dan Mozart," tutur Ananda.

"Saya pikir, Ismail Marzuki adalah penulis lagu besar yang harus dikenal," imbuhnya.

Konser akan digelar pada Minggu, 13 Januari 2019 di Ciputra Artprenuer Theater Jakarta berkapasitas 1.200 orang. Selain grup orkestra Ananda yang mencapai lebih dari 50 orang, lima musisi muda akan terlibat untuk tampil solo. 

Mereka adalah Mariska Setiawan, Jessica Sudarta, Anthony Hartono, Aryo Widhawan, dan Finna Kurniawati. Menurut Ananda, mereka adalah musisi muda terbaik Indonesia saat ini.





(ASA)