Aksi Panggung Nicky Astria, Jeans Robek dan Nyeker

Agustinus Shindu Alpito    •    14 Mei 2016 12:41 WIB
lady rocker indonesia
Aksi Panggung Nicky Astria, Jeans Robek dan Nyeker
Nicky Astria (Foto: MI/Adam Dwi)

Metrotvnews.com, Jakarta: Rocker sejati tentu bukan saja tercermin dari penampilan, tapi juga dari sikap dan perilaku.

Nicky Astria, lady rocker yang eksis di dekade 1980-an adalah sosok yang inspiratif. Bukan saja soal teknis bernyanyi, tapi penampilannya di atas pentas mengilhami banyak orang.

Nicky membuktikan bahwa dirinya mampu menjadi diri sendiri di atas panggung, meski terkadang terlihat tidak lazim.

"Nicky di era 1980-an tampil dengan blue jeans robek. Pada saat itu sesuatu yang baru," jelas pengamat musik Denny MR kepada Metrotvnews.com.

Tak disangka, gaya busana Nicky yang cuek ternyata malah diikuti penyanyi-penyanyi perempuan lain, terutama yang mengusung musik rock.

“Jeans robek pada saat itu jarang, Nicky basic-nya memang tomboi, dalam berbusana insting tomboi terbawa, kemudian dia juga sering pakai jaket kulit. Dulu tidak ada penata busana, tapi ketika orang ramai-ramai ikut mengenakan jeans robek, Nicky ganti gaya penampilan lagi,” imbuh Denny.

Sikap cuek Nicky di atas panggung bukan hanya soal mengenakan jeans robek, penyanyi yang sukses menelurkan lebih dari selusin album itu bahkan kerap tampil tanpa alas kaki alias nyeker.

"Nicky itu termasuk penyanyi yang suka nyeker. Ketika dia menganggap sepatu mengganggu penampilannya, dia tidak sungkan mencopot sepatu. Dia jauh dari tampil anggun. Dia karismatik, dia lebih mengejar lagu ketimbang penampilan,” pujinya.

Lebih lanjut Denny menceritakan sebuah insiden yang luput dari pemberitaan media, ketika Nicky menggelar konser di Bandung, dua tahun lalu.

Dalam konser itu Nicky melibatkan show director untuk membuat konser lebih tertata. Di awal-awal konser, Nicky kooperatif mengikuti jalannya konser sesuai konsep. Namun, di tengah konser, Nicky mendadak melepas sepatunya karena merasa terganggu.

Padahal, sesuai kesepakatan dengan show director, Nicky dilarang melakukan hal itu. Peristiwa ini menunjukkan bahwa Nicky memang bukan pribadi yang mudah tunduk, rock bukan hanya keluar dari pita suaranya, tetapi juga dari perilakunya.

"Dari dulu sampai sekarang. Dua tahun lalu tampil di Bandung, sempat ada insiden, konser tunggal di Bandung menggunakan show director. Untuk banyak hal Nicky kooperatif, tetapi setelah lagu ke berapa dia mencopot sepatu karena mengganggu, padahal dilarang oleh show director," ujarnya.


(ELG)