Terinspirasi Slogan Jokowi, Penyanyi Keroncong Sruti Respati Rilis Kerjo Kerjo Kerjo

Elang Riki Yanuar    •    16 November 2017 19:00 WIB
sruti respati
Terinspirasi Slogan Jokowi, Penyanyi Keroncong Sruti Respati Rilis Kerjo Kerjo Kerjo
Sruti Respati (Foto: dok. pribadi)

Metrotvnews.com, Jakarta: Penyanyi keroncong Sruti Respati merilis lagu berjudul Kerjo Kerjo Kerjo. Lagu ini menurut Sruti, terinspirasi dari ucapan dan slogan yang sering diucapkan Presiden Jokowi; Kerja, Kerja, Kerja.

Lagu Kerjo Kerjo Kerjo diciptakan oleh Sambodo yang dulu terkenal lewat lagu Nurlela. Sambodo yang berasal dari Ambon, merasa Sruti cocok membawakan lagu miliknya karena kemampuannya menyanyikan lagu daerah. Ditambah lagi, Sruti berasal dari Solo, sama dengan Jokowi.  

“Saya sendiri dari Ambon, tapi saya pilih Sruti karena saya anggap Sruti yang paling cocok membawakan lagu ini. Karena lagu ini saya terinspirasi dengan ucapan Presiden Joko Widodo yang selalu mengucapkan; kerja, kerja, kerja," kata Sambodo dalam keterangan tertulisnya.

Tak butuh waktu lama bagi Sruti ketika membawakan lagu Kerjo Kerjo Kerjo yang dibantu Rudianto dari band Emerald. Pengalaman Sruti puluhan tahun menyanyikan lagu Jawa memudahkan semua proses pembuatan lagu ini. Sruti semakin antusias karena pesan lagu ini bagus.

"Sewaktu saya ditawari untuk bawakan lagu ini  saya tidak berpikir dua kali, saya langsung ambil. Karena lagu ini menurut saya bisa menginspirasi banyak orang untuk lebih menyibukkan diri dengan bekerja daripada saling bermusuhan dan saling menjelekan," ujar Sruti.

Meski dibuat dalam lirik berbahasa Jawa, Sruti yakin semangat lagu Kerjo Kerjo Kerjo bisa diterima banyak pihak. Dengan begitu, pesan persatuan dan menghentikan permusuhan akan meluas melalui lagu ini.

"Lagu ini tidak melihat Anda dari mana suku apa dan agama. Keberhasilan didapat dari kerja keras. Ini lagu untuk masyarakat Indonesia agar tidak berbuat negatif. Kita fokus pada diri dan apa yang ingin dicapai dan digapai demi kesuksesan Indonesia," jelasnya.

Sruti saat ini berusia 37 tahun. Darah seninya menular dari sang ayah yang merupakan dalang terkenal asal Solo, Ki Sri Joko Raharjo. Dia kerap terlibat dalam proyek sejumlah musisi kawakan seperti I Wayan Sadra, Sujiwo Tejo, Slamet Gundono, dan Danis Sugiyanto. Dia juga kerap tampil di luar acara acara musik keroncong seperti Java Jazz.

 
(ELG)