Balawan Ingin Musisi Tradisional Lebih Diperhatikan

Raiza Andini    •    16 Maret 2017 19:36 WIB
balawan
Balawan Ingin Musisi Tradisional Lebih Diperhatikan
Balawan (Foto: Antara)

Metrotvnews.com, Denpasar: Presiden Joko Widodo bersama para musisi nasional berkesempatan merayakan hari musik nasional di Istana Negara yang jatuh pada tanggal 9 Maret 2017 lalu.

Gitaris asal Bali, I Wayan Balawan memiliki harapan besar terhadap pemerintah terkait nasib musisi tradisional yang kondisinya memprihatinkan. Balawan berharap pemerintah mampu mendukung para musisi tradisional.

"Banyak musisi tradisional dari Sabang sampai Merauke yang membutuhkan dukungan dan perhatian pemerintah, pahlawan musik juga banyak," terang Balawan saat berbincang kepada Metrotvnews.com di kediamannya, Jalan Pacar, Denpasar, Kamis, 16 Maret 2017.

Menurutnya, hari musik nasional memiliki pengertian yang luas, bukan semata-mata ajang kumpul musisi yang sudah terkenal tetapi melupakan musisi-musisi tradisional yang menjadi pahlawan bagi musik Tanah Air di kancah internasional.

"Musik nasional itu karena adanya tradisional.Musik tradisional dulu ada digabungin jadi nasional," tambahnya.

Balawan ingin saat hari musik nasional pemerintah memberikan sosialisasi terhadap musik tradisional agar tidak punah dengan siaran bermutu tentang musik tradisional kepada masyarakat.

"Kalau bisa seharian diadakan siaran khusus musik tradisional," katanya.

Dengan demikian, Indonesia memiliki karakteristiknya di dunia musik, tidak harus mengikuti aliran musik luar negeri yang saat ini tengah digandrungi masyarakat.

"Kita harus mengemas sedemikian rupa musik Indonesia agar diterima masyarakat dunia. Dikasih ruang untuk musisi tradisional," tutupnya.

 


(ELG)

Berharap pada Museum Musik Indonesia

Berharap pada Museum Musik Indonesia

3 days Ago

Gedung Kesenian Gajayana adalah rumah baru bagi Museum Musik Indonesia, setelah mereka menempat…

BERITA LAINNYA