Cita-cita Orkes PMR yang Belum Terwujud

Agustinus Shindu Alpito    •    16 Maret 2017 14:49 WIB
orkes pmr
Cita-cita Orkes PMR yang Belum Terwujud
Orkes PMR (Foto: Dok. MI)

Metrotvnews.com, Jakarta: Meski sudah eksis selama 39 tahun, orkes Pengantar Minum Racun (PMR) tampaknya masih memendam harapan.

Grup yang dikenal lewat parodi lagu-lagu populer itu ternyata memiliki cita-cita membuat lagu bertema nasionalis.

"Kami pengin banget kayak Gombloh, punya lagu nasionalis seperti Kebyar-kebyar. Kami masih mencoba terus membaut lagu nasionalis ala PMR. Itu kan sumbangsih kami terhadap negara. Misal ditanya apa kontribusi PMR terhadap Indonesia? enggak ada, tetapi kami menunjukkan kecintaan kepada Indonesia (lewat lagu nasionalis),” kata Budi Padukone, gitaris PMR, kepada Metrotvnews.com, saat ditemui di kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan.

Budi menceritakan bahwa PMR dalam beberapa kesempatan selalu mencoba membuat lagu bertema nasionalisme, namun sayangnya mereka belum menemukan formula yang tepat.

PMR dalam dua tahun terakhir kembali aktif. Orkes yang sebelumnya didaulat mengiringi Warkop DKI itu bertransformasi jadi grup yang digandrungi anak muda. Tidak lain karena aksi mereka selalu sukses mengundang tawa.

Pada 2015 lalu, PMR merilis album mini berjudul Orkeslah Kalau Bergitar yang berisi lagu-lagu parodi dari Naif, Efek Rumah Kaca, dan Seringai.

Pada tahun ini, PMR kembali meluncurkan materi baru berjudul Too Long To Be Alone, lagu parodi dari Terlalu Lama Sendiri milik Kunto Aji. Rencananya, mereka merilis album baru pada tahun ini.


 


(ELG)