Jumlah Donasi Konser Gala Dana untuk Palu Melebihi Ekspektasi

Cecylia Rura    •    09 Oktober 2018 14:39 WIB
konser amal
Jumlah Donasi Konser Gala Dana untuk Palu Melebihi Ekspektasi
Konser galang dana untuk Palu (Foto: Dok. IDEA Group Indonesia)

Jakarta: Ratusan seniman lintas generasi memeriahkan panggung dana untuk penyintas gempa dan tsunami di Palu, Donggala dan kawasan Sulawesi Tengah pada Jumat, 5 Oktober 2018.

Konser berdurasi sekitar 10 jam ini berhasil mengumpulkan dana sejumlah Rp18 Miliar. Menurut keterangan pers yang diterima Medcom.id, dana ini bertambah melebihi Rp18 Miliar. Terhitung per 8 Oktober 2018 telah terkumpul sebesar Rp18.222.227.093,-. Adapun berikut rincian dana tersebut:

1. Penonton konser kemanusiaan: Rp 473.817.612,-
2. Kitabisa.com: Rp 188.205.293,-
3. Komitmen individual: Rp 11.118.350.000,-
4. Publik via rekening ILUNI UI: Rp 339.304.188,-
5. Tokopedia: Rp 6.102.550.000,- (Rp 2,5 miliar berasal dari Tokopedia, sisanya dari partisipasi masyarakat yang menyumbang lewat aplikasi Tokopedia).

Panggung musik bertajuk Gala Dana 100 Biduan, 100 Hits untuk Palu, Donggala, Sulteng ini merupakan kerja kolektif kolaborasi beragam komunitas, beberapa individu, Komunitas Biduan, Ikatan Alumni Universitas Indonesia (ILUNI UI), Badan Ekonomi Kreatif (BEKraf), Tokopedia, KitaBisa.com, NET dan Indika.


Konser galang dana untuk Palu (Foto: Dok. IDEA Group Indonesia)

Melihat antusiasme kolaborasi ini, Kepala BEKraf Triawan Munaf mengungkapkan rasa syukur.

"Saya sangat bersyukur banyak pihak mau ikut bahu membahu membantu saudara kita di Palu, Donggala, dan sekitarnya. Jumlah yang terkumpul juga melebihi ekspektasi. Kami berharap solidaritas yang muncul ini bisa terus terbangun untuk membantu saudara kita yang terkena bencana," ungkapnya dalam keterangan pers.

Dana yang terkumpul akan didistribusikan kepada korban bencana oleh ILUNI UI dalam bentuk makanan, pakaian, logistik, bantuan kesehatan, pendampingan trauma hingga pembangunan beberapa hunian sementara.

"Tim relawan kami sudah bergerak untuk menyalurkan bantuan. Kami melakukan assessment untuk menentukan bantuan yang tepat pada tahap pasca bencana, dilanjutkan dengan fase pendampingan trauma, bahkan jika memungkinkan dana tersebut akan kami salurkan untuk proses rehabilitasi dan rekonstruksi pasca bencana," tutur Ketua Umum Pengurus Pusat ILUNI UI Arief Budhy Hardono.


Konser galang dana untuk Palu (Foto: Dok. IDEA Group Indonesia)

Konser gala dana pada Jumat lalu tidak hanya melibatkan ratusan biduan, tetapi juga band para menteri bersama Tantowi Yahya dan Yuni Shara yang berhasil mengumpulkan dana sekitar Rp6,25 miliar.

Jumlah dana masih dapat bertambah dengan bantuan donasi dari berbagai pihak. Kotak donasi masih terbuka melalui KitaBisa.com melalui link berikut, Tokopedia di sini atau melalui nomor rekening ILUNI UI (2025808889 – ILUNI UI Bank BNI Cabang UI Depok).

 


(ELG)

Akhir Perjalanan Raja Festival Rock Log Zhelebour

Akhir Perjalanan Raja Festival Rock Log Zhelebour

4 days Ago

Log memastikan bahwa dalam waktu dekat, dia akan pensiun total dari bisnis pagelaran musik, ter…

BERITA LAINNYA