Kisah God Bless Konser dengan Penerangan Lampu Taman

Agustinus Shindu Alpito    •    31 Agustus 2017 13:23 WIB
god bless
Kisah God Bless Konser dengan Penerangan Lampu Taman
God Bless (Foto: MI/Galih Pradipta)

Metrotvnews.com, Jakarta: Industri hiburan di Indonesia mengalami perkembangan pesat dari masa ke masa. Hal itu diungkapkan oleh God Bless, grup rock yang telah eksis di kancah musik sejak era 1970-an.

Menurut penuturan God Bless, salah satu titik balik kemajuan industri pertunjukkan di Indonesia adalah ketika grup Deep Purple tampil di Jakarta pada 1975.

Sebelumnya, konser musik yang digelar di Indonesia selalu menggunakan peralatan sederhana. Sampai akhirnya datang Deep Purple yang konser dengan membawa peralatan panggung sendiri. Dari situlah para promotor dan rental penyedia kebutuhan pertunjukan mulai melengkapi diri dengan berbagai alat-alat yang baik.

"Saya rasa Deep Purple adalah grup luar pertama yang tampil dengan equipment full dari mereka. Dari situ, ini menjadi masukan bagi pihak rental dan vendor lokal,” ujar Achmad Albar, vokalis God Bless, dalam jumpa pers festival musik Jogjarockarta, di Hard Rock Cafe, Jakarta Selatan, pada Rabu (30/8/2017).

Achmad lantas menuturkan pengalaman God Bless di era awal 1970-an, konser dengan peralatan apa adanya.

"Dulu God Bless main, penerangannya pakai lampu taman yang warnanya merah, biru, kuning, disorot ke muka dari bawah dan bikin kami terlihat seram banget kayak setan," kata vokalis yang akrab disapa Iyek itu.

Tidak berhenti sampai di situ. Efek asap panggung yang digunakan kala itu adalah es kering (dry ice) yang ditaruh di baskom atau ember pada saat-saat tertentu.

"Sebelum dry ice dipasang, lampu dimatikan (agar kru sempat memasukkan dry ice ke baskom di atas panggung tanpa terlihat),” ujar Iyek.

Pelajaran berharga juga didapat dari teknisi suara konser. Dulu, para teknisi suara biasanya berada di samping panggung. Setelah melihat konser Deep Purple, para teknisi suara pindah lokasi ke depan panggung.

God Bless menjadi salah satu grup yang paling sering diundang menjadi grup pembuka konser band internasional. Selain tampil menjadi pembuka Deep Purple, God Bless pernah menjadi band pembuka Helloween dan kini mereka akan tampil di festival musik Jogjarockarta (29 September 2017 di Yogyakarta), sebelum Dream Theater naik pentas.


 


(ELG)

Menjaga Nyawa Clubeighties

Menjaga Nyawa Clubeighties

1 day Ago

Menjaga nyawa grup musik selama sembilan belas tahun bukan perkara mudah. Terlebih, dengan diti…

BERITA LAINNYA