Respons Seniman yang Membuat Patung David Bowie Saat Karyanya Dirusak

Cecylia Rura    •    03 April 2018 18:38 WIB
musik internasional
Respons Seniman yang Membuat Patung David Bowie Saat Karyanya Dirusak
Patung David Bowie (Foto: Rock95.com)

Aylesbury: Kerusakan yang terjadi pada patung musikusi legendaris David Bowie mendapat respons pilu dari senimannya, Andrew Sinclair. Patung tersebut dirusak dalam waktu kurang dari dua hari atau 48 jam setelah diresmikan pada Minggu, 25 Maret 2018.

"Saya sangat sedih. Saya membenci properti yang hancur. Proyek ini dibentuk bersama dengan penggemar dan untuk penggemar dan untuk keluarga Bowie, juga memori. Banyak cinta dan banyak niat, dan sebuah kerja keras," ungkap Sinclair dilansir Medcom.id dari NME.

Patung penghormatan untuk Bowie yang dibangun di Aylesbury Market Square, Inggris, dirusak oleh perusak dengan grafiti bertuliskan, "Feed the homeless first, RIP DB."

Lokasi didirikannya patung itu dekat dengan klub musik Friars Aylesbury, tempat di mana Bowie tampil pertama kali menggunakan nama Ziggy Stardust pada awal 70-an.

Pelaku tak bertanggung jawab tersebut belum ditemukan identitasnya, tetapi dipastikan oleh penyanyi Steve Hogarth yang meresmikan patung tersebut aksi pelaku terekam dalam kamera CCTV.

Patung tersebut didirikan dengan biaya donasi dan hibah yang jumlahnya sekitar Rp1,9 miliar. Sebelumnya beredar isu jika pembuatan patung itu menggunakan dana sosial yang semestinya untuk menunjang kehidupan para tuna wisma.

"Tidak sepeser uang pun kami ambil dari dana sosial dan kami tidak pernah meminta uang dari dana sosial. Semua komentar dan alasan di balik itu semua hanya hal mengada-ada. Itu tidak masuk akal dan membuat patung rusak tersebut tampak tercela," papar Sinclair.

Isu penyelewengan dana sosial juga dibantah langsung oleh Wakil Walikota Mark Willis. Dia menegaskan bahwa dana diperoleh dari patungan publik. Willis juga menjelaskan bahwa pemerintah telah mengupayakan penggunaan dana sosial dengan baik, termasuk mengelola tempat penampungan bagi tuna wisma.

 


(ASA)

SMASH Menolak Bubar

SMASH Menolak Bubar

3 days Ago

SMASH kembali bukan sebagai 'Seven Man As Seven Heroes'. Berenam; Bisma Kharisma, Rangg…

BERITA LAINNYA