Tari Sita Rasmi, Kesedihan Shinta Dicurigai Rama

Putu Radar Bahurekso    •    13 Mei 2016 11:42 WIB
seni tari
Tari Sita Rasmi, Kesedihan Shinta Dicurigai Rama
Tarian Shintayana (Foto: Metrotvnews/Putu)

Metrotvnews.com, Jakarta: Seni merupakan sebuah medium untuk menjadi potret sosial atau kritik sosial. Fungsi itu digunakan Bulan Djelantik, seorang seniman tari tradisi Bali.

Bulan Djelantik membuat sebuah koreografi untuk tari Sita Rasmi yang sumber inspirasinya diambil dari cerita epos Ramayana. Namun, dalam tarian ini, sosok Shinta yang ditampilkan.

Karena memperlihatkan sosok Shinta, maka sering kali tarian ini disebut juga tarian Shintayana yang berarti kisah tentang Shinta.

Dalam kisah epos klasik Ramayana, masyarakat mengenal Rama sebagai seorang pria yang bijaksana. Ia adalah sosok kuat yang menyelamatkan Shinta dari tangan Rahwana dan kemudian mengalahkan Rahwana.

Namun, yang unik dalam tarian ini justru bagaimana Shinta mengalami mental abuse dari Rama. Shinta ingin membuktikan dirinya masih ‘suci’ selama diculik Rahwana.

Rama yang bijaksana, kemudian menjadi lelaki yang cemburu dan curiga sehingga tidak percaya dengan kesetiaan istrinya.

Melalui tarian yang berjalan selama kurang lebih tujuh menit ini, Bulan Djelantik mencoba untuk mengkoreografikan perkembangan perasaan Shinta mulai dari bahagia, sedih, kecewa, dan kemudian tenang.

Tarian ini ditampilkan dengan menggunakan tiga topeng. Topeng pertama menggambarkan kebahagiaan Shinta saat hidup bersama Rama.

Topeng kedua menggambarkan suasana kesedihan perasaan Shinta yang dituduh oleh suaminya. Topeng ketiga menggambarkan ketenangan Shinta yang membuatnya kemudian pergi meninggalkan Rama.

"Tarian ini menggambarkan bagaimana Shinta mendapat mental abuse dari Rama karena ketidakpercayaan Rama terhadap Shinta. Ini adalah kilas balik perasaan wanita,” jelas Bulan Djelantik saat diwawancara di kawasan Kuningan, Jakarta.


(ELG)

Tashoora, Invasi Berbahaya Sekstet dari Yogyakarta

Tashoora, Invasi Berbahaya Sekstet dari Yogyakarta

3 days Ago

Dalam musik yang energik sekaligus kontemplatif yang diramu Tashoora, terlantun lirik-lirik pui…

BERITA LAINNYA