Pencipta Komik Gundala dan Jaka Sembung Berbagi Ilmu

Elang Riki Yanuar    •    31 Mei 2016 18:45 WIB
komik
Pencipta Komik Gundala dan Jaka Sembung Berbagi Ilmu
Penyelenggaraan ComicFest ID 2016 (Foto: ComicFest ID)

Metrotvnews.com, Jakarta: Komikus legendaris Indonesia seperti Hasmi, Mansyur Daman, Djair Warni membagi pengalamannya membuat komik di ajang ComicFest ID 2016 yang digelar akhir pekan kemarin. Sebagian dari mereka masih aktif membuat komik hingga kini.

"Saya masih terus menggambar komik tapi komik bahasa daerah. Saya tidak khawatir dengan pesaing-pesaing saya yang masih muda," kata Hasmi dalam keterangan tertulisnya kepada Metrotvnews.com.

Hasmi yang menciptakan komik Gundala Putra Petir tak ragu mengajak komikus muda berkolaborasi. Dalam acara bincang-bincang itu, Hasmi memovitasi komikus muda terus berkarya.

"Soal kostum misalnya, saya dapat inspirasi justru dari orang-orang muda. Jangan sampai kalah dengan kita-kita yang sudah tua," ujarnya.

Aktivitas serupa juga masih dilakukan Mansyur Daman, komikus Golok Setan dan Siluman Sungai Ular. Mansyur mengaku masih kerap membuat komik untuk sejumlah museum.

"Komiknya dibagikan gratis kepada pengunjung museum," kata Mansyur Daman.

Yang tak kalah hebatnya ialah Djair, sosok yang menciptakan komik Jaka Sembung. Meski tak lagi membuat komik, Djair masih sering membagi ilmunya kepada komikus muda seperti dalam sesi talkshow with Indonesian Comic Legends di ComicFest ID.

"Saya hanya menulis ide cerita terus membagi ilmu tentang komik. Tujuannya supaya tangan saya tidak kaku, karena semakin tua tangan ini semakin gemetar. Saya mau menghindari pikun, sebab sekarang saya sudah sering lupa nama teman," katanya.

Selain diisi bincang dengan komikus senior, ComicFest ID 2016 juga diisi penampilan sejumlah cosplayer dari mancanegara seperti Liui Aquino (Filipina), Ying Tze (Malaysia), dan Orochi X (Australia). Tak ketinggalan cosplayer Indonesia seperti Pinky Lu Xun, Naru, Erlan, Franzeska Edelyn, Matcha Mei, Clarissa Punipun, dan Jeanice Ang hadir di di Smesco Exhibition Hall, Jakarta.

Panitia juga mengadakan lomba cosplay yang dimenangkan oleh karakter Gatot Kaca  dalam komik Garudayana karya Is Yuniarto yang di-cosplay-kan Kevin Oinky. Juara kedua dimenangkan karakter Antareja karya Igi the Zahat, dan karakter Shinta karya Mei Linn sebagai juara ketiga.

"Kita juga ingin menunjukkan kepada masyarakat bahwa komikus kita sangat berkualitas dan bahkan banyak yang telah eksis di mancanegara. Semangat ini memerlukan kerja keras dari semua pihak, terutama kebersamaan para komikus Indonesia," Chris Lie, penyelenggara ComicFest ID.


(ELG)

Wawancara Eksklusif Geisha, Berlayar Tanpa Melumpuhkan Ingatan tentang Momo

Wawancara Eksklusif Geisha, Berlayar Tanpa Melumpuhkan Ingatan tentang Momo

5 days Ago

Meski melaju dengan Regina, Geisha tidak ingin menghapus bayang-bayang Momo. Lantas, ke mana ar…

BERITA LAINNYA