Carmen, Opera Klasik Prancis Dipentaskan di Indonesia

Putu Radar Bahurekso    •    16 April 2016 12:05 WIB
opera software
Carmen, Opera Klasik Prancis Dipentaskan di Indonesia
Carmen (Foto: Metrotvnews/Putu)

Metrotvnews.com, Jakarta : Carmen adalah sebuah pertunjukan opera klasik karya komposer asal Prancis, Georges Bizet. Opera empat babak ini pertama kali dipentaskan di Paris pada tahun 1875.

Kali ini, untuk pertama kalinya opera Carmen ini digelar di Indonesia oleh The Resnanz Music Studio. Pertunjukan Carmen di Jakarta ini akan diarahkan oleh sutradara opera ternama asal Belanda yakni Jos Groenier.

Carmen merupakan salah satu kisah opera yang sangat populer dan paling sering diangkat ke panggung dunia opera. Opera yang berjumlah empat babak ini secara garis besar bercerita tentang kisah tragis perebutan cinta wanita kaum Gipsy dengan latar kota Sevilla, Spanyol pada abad 19.

Salah satu yang unik dari pertunjukan opera Carmen yang akan ditampilkan di Indonesia ini adalah penggunaan narator yang diperankan oleh Happy Salma. Narator ini bertujuan untuk mengarahkan arah cerita opera untuk lebih mudah dipahami penonton.

Narator yang sesekali bercerita ini menggunakan bahasa Indonesia dalam menyampaikan cerita, sedangkan secara keseluruhan opera ini menggunakan bahasa Prancis.

Pada babak pertama, opera ini bercerita tentang pertemuan antara Carmen, seorang wanita Gipsy yang provokatif, dengan seorang prajurit bernama Don Jose. Kecantikan Carmen memukau para laki-laki di sekitarnya.

Gadis-gadis lain pun iri dan kemudian terjadi pertengkaran. Carmen yang dianggap sebagai penyebab pertengkaran ini kemudian ditangkap dan dijaga oleh Don Jose. Carmen yang jatuh hati pada Don Jose kemudian merayunya sehingga kemudian mereka kabur.

Babak dua opera ini menceritakan waktu sebulan setelah Carmen dan Don Jose melarikan diri. Don Jose dipenjara karena perbuatannya. Begitu bebas dari penjara, Don Jose disambut oleh Carmen. Carmen kemudian mengajak Don Jose untuk menjadi anggota dari kelompok Gipsy.

Pada babak ketiga diceritakan bahwa Jose cukup menyesali keputusannya menjadi bagian dari kaum Gipsy. Cara hidup kaum Gipsy tidak cocok dengan dirinya. Ia beberapa kali bertengkar dengan Carmen. Suatu hari tibalah gadis bernama Micaela dari desa tempat Don Jose berasal. Micaela mengajak Don Jose untuk pulang karena ibu Don Jose sedang sakit keras.

Pada babak keempat diceritakan kecemburuan Don Jose terhadap Carmen yang jatuh cinta terhadap lelaki lain bernama Escamillo, seorang matador ternama di kota Sevilla. Babak ini menceritakan banyaknya perselisihan antara Don Jose dengan Carmen maupun Don Jose dengan Escamillo.

Opera Carmen ini dipentaskan secara kolosal dengan melibatkan 100 orang lebih diatas panggung, mulai dari paduan suara, aktor, hingga tim orchestra. Dipentaskan selama kurang lebih tiga jam, Carmen akan ditampilkan di Ciputra Artrepreneur pada 16 dan 17 April 2016.


(ELG)

Tashoora, Invasi Berbahaya Sekstet dari Yogyakarta

Tashoora, Invasi Berbahaya Sekstet dari Yogyakarta

3 days Ago

Dalam musik yang energik sekaligus kontemplatif yang diramu Tashoora, terlantun lirik-lirik pui…

BERITA LAINNYA