Langkah Mendunia Mode Indonesia

Anggitondi Martaon    •    06 April 2016 16:52 WIB
galeriindonesiakaya
Langkah Mendunia Mode Indonesia
Model membawakan busana batik Kudus rancangan desainer Denny Wirawan -- ANT/Teresia May

Metrotvnews.com, Jakarta: Batik merupakan ekspresi budaya yang memiliki makna simbolis dan nilai estetika yang tinggi bagi masyarakat Indonesia. Keunikan yang indah itu membentuk karakter bangsa, sehingga membedakan dengan bangsa dan dapat menjadi jati diri bangsa.

Sebagai warisan budaya Nusantara yang sudah diakui UNESCO, batik terus diperkenalkan ke dunia fesyen internasional. Kali ini, dunia fesyen Indonesia dibuat bangga dengan Denny Wirawan yang memboyong indahnya corak batik khas Tanah Air ke panggung Fashion Gallery New York Fashion Week (FGNYFW) 2016.

Sebagai desainer kenamaan Tanah Air, Denny sengaja membawa batik ke even yang diselenggarakan The Council of Fashion Designers of America (CFDA) untuk memperkenalkan kekayaan budaya Indonesia di ajang fesyen internasional. Bukan pekerjaan mudah memang, namun Denny berhassil mengolah Batik Kuduss menjadi tampilan yang bisa diterima pasar internasional.

“Dunia fesyen di luar negeri tantanganya banyak, ada yang harus kita lengkapi‎,” kata Denny kepada Yovie Widianto dalam program IDEnesia di Metro TV.

Denny memboyong 15 busana terbaru berbahan dasar batik Kudus melalui lini etnik Balijava. Desainer yang telah meramaikan industri mode lokal selama 20 tahun lebih itu mengangkat tema 'Padma', yaitu bunga lotus yang merupakan simbol kecantikan abadi dalam filosofi Asia.

Denny berharap, pemerintah dapat campur tangan untuk turut memajukan dunia fesyen Indonesia. Sehingga, produksi fesyen anak bangsa tidak terlindas oleh produk luar yang membanjiri pasar Indonesia.

Hal senada juga disampaikan desainer Indonesia Ari Seputra. Menurutnya, desainer Indonesia harus membuka wawasan agar dapat membuat inovasi untuk menghasilkan karya-karya yang dapat menarik minat pasar internasional.

“Semua memiliki proses pembelajaran, kita sebagai desainer Indonesia harus selalu bisa membuka wawasan untuk membuat inovasi baru‎ serta konsisten dengan karya-karyanya,” kata Ari.

Penasaran dengan perjuangan para desainer Indonesia dalam memperkenalkan karya mereka di level nassional dan internasional? Simak kisah Denny Wirawan dan Ari Seputra di program IDEnesia Metro TV pada Kamis (7/4/2016) pukul 22.30 WIB.

Ikuti pula kuis dari IDEnesia dan Galeri Indonesia Kaya dengan follow twitter @IDEnesiaTwit atau @IndonesiaKaya. Ada bingkisan menarik bagi pemenangnya.


(NIN)