Anies Baswedan Resmikan Bursa Buku Impor Murah The Big Bad Wolf

Nia Deviyana    •    29 April 2016 20:33 WIB
pameran buku
Anies Baswedan Resmikan Bursa Buku Impor Murah The Big Bad Wolf
Anies Baswedan Resmikan Bursa Buku Impor Murah The Big Bad Wolf (Foto: Metrotvnews/Nia)

Metrotvnews.com, Jakarta: Bursa buku impor murah, The Big Bad Wolf, resmi dibuka Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan pada Jumat (29/4/2016). The Big Bad Wolf berlangsung di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD mulai 30 April hingga 8 Mei 2016.

Dalam pidatonya, Anies menyoroti minimnya minat dan daya baca masyarakat Indonesia.

"Kalau bicara minat baca terhadap sosial media, (daya baca) kita termasuk tinggi. Tetapi bagaimana dengan daya baca? Apa yang dibaca? Jangan hanya bicara minat yang disorot. Minat dan daya baca harus sama-sama didorong," ujar Anies.

"Indonesia masuk peringkat ke-34 untuk komponen penelitiannya. Infrastrukturnya, perpustakaannya, jumlah buku dan rasionya di atas Jerman, Selandia Baru, dan Portugis. Tetapi perpustakaannya banyak yang kosong, tidak ada yang membaca," kata Anies, menambahkan.

Terkait dengan kebiasaan membaca buku yang masih rendah di Indonesia, pemerintah telah mencanangkan 'Gerakan membaca 15 menit sehari' untuk mendorong minat dan daya baca di kalangan anak-anak dan orang tua.

Sependapat dengan Anies, Najwa Shihab yang terpilih sebagai Duta Baca Indonesia memaparkan manfaat membaca buku.

"Berdasarkan penelitian, orang yang mencintai buku, kehidupannya lebih berkualitas. Mereka punya imajinasi dan kepuasan hati sehingga tidak mudah diprovokasi. Membaca buku juga efektif mengurangi stres. Dengan membaca, kita memiliki waktu untuk diam dan berpikir," papar presenter Metro TV itu, pada kesempatan yang sama.

The Big Bad Wolf ini merupakan ajang bursa buku yang pertama kali digagas di Malaysia, sejak tahun lalu. Di negara asalnya, ajang ini sangat dinanti karena tersedianya jutaan buku berkualitas yang bisa dibeli dengan harga terjangkau.

Begitu juga pada The Big Bad Wolf Book Sale Jakarta. Setidaknya tersedia 40 kontainer buku baru yang siap dipasarkan dengan potongan harga mencapai 80 persen.

"Lebih dari dua juta buku dalam bahasa Inggris telah disiapkan. Suatu kesempatan emas, kami dapat menyelenggarakan acara ini dengan dukungan beberapa pihak dan Metro TV," ujar Uli, Presiden Direktur Jaya Ritel Indonesia.


(ELG)

Nyawa Lain Yon Koeswoyo

Nyawa Lain Yon Koeswoyo

4 days Ago

Yon dan Koes Plus meninggalkan segudang warisan bagi generasi setelah mereka. Semasa jayanya, K…

BERITA LAINNYA