Kisah dari Tanah Melayu, Ceritakan Sejarah Bahasa Indonesia

Dwi Ayu Rochani    •    29 Mei 2016 21:07 WIB
garin nugroho
Kisah dari Tanah Melayu, Ceritakan Sejarah Bahasa Indonesia
(Foto: Dokumentasi)

Metrotvnews.com, Jakarta: Menyambut peringatan Hari Pancasila yang jatuh setiap 1 Juni, Garin Nugroho mempersembahkan sebuah pentas berjudul Kisah dari Tanah Melayu.

"Pertunjukan pada hari ini ingin menceritakan bagaimana sebuah bangsa Indonesia memiliki sebuah keberagaman. Mulai dari bahasa yang hadir karena diadaptasi dari bahasa Melayu, dan menghasilkan sebuah keberagaman," jelas sutradara film Aach...Aku Jatuh Cinta itu saat dijumpai di Galeri Indonesia Kaya, Grand Indonesia, Minggu (295/2016).

Pertunjukan berdurasi 90 menit ini dibuka Garin dengan mengenalkan sejarah bahasa bangsa Indonesia yang berasal dari bahasa melayu Kepulauan Riau.

Dalam pertunjukan ini, Garin menggandeng Tom Ibnur, maestro kebudayaan melayu yang menampilkan ragam tarian dan gerakan khas Melayu.

Artis Cornelia Agatha juga hadir meramaikan panggung Galeri Indonesia Kaya dengan membawakan musikalisasi puisi berjudul Rose karya Rida K. Liamsi dan puisi karya Amir Hamzah berjudul Cinta.

Paul Agusta, sutradara yang merupakan putra dari penyair Leon Agusta turut tampil membawakan puisi karya ayahnya yang berjudul Ya, Kita Memerlukan Seorang Kekasih dan Perjalanan Senjakala.

Pertunjukan kemudian ditutup dengan dibawakannya sebuah lagu karya P. Ramlee yang berjudul Manusia.


(DEV)