Buku Langka Shakespeare Ditemukan

Agustinus Shindu Alpito    •    08 April 2016 15:35 WIB
buku
Buku Langka Shakespeare Ditemukan
Buku Langka Shakespeare Ditemukan (Foto: Reuters)

Metrotvnews.com, London: Buku kumpulan drama karya William Shakespeare yang diberi judul First Folio ditemukan di rumah bangsawan yang terletak di Pulau Bute, Skotlandia. Buku yang diterbitkan tahun 1623 itu sangat langka dan dihargai sangat mahal oleh para kolektor.

Pada tahun 2003, buku yang sama pernah terjual USD3,5 juta atau sekitar Rp45,9 miliar jika dihitung dengan kurs pada saat ini. Menyusul kemudian cetakan lain dari tahun yang sama buku itu terjual USD3,9 juta atau sekitar Rp51,1 miliar, pada tahun 2006.

Buku First Folio yang baru ditemukan ini dinyatakan asli oleh profesor Emma Smith, dari Shakespeare Studies Oxford University. Saat ini disinyalir hanya ada 234 kopi buku itu. Kebanyakan disimpan di perpustakaan dan hanya dapat diakses oleh para peneliti.

Buku yang ditemukan itu berisi 36 drama dan terbagi dalam tiga volume, yaitu komedi, sejarah, dan tragedi. Termasuk drama klasik antara lain Macbeth, dan The Tempest.

Penemuan buku langka ini tidak berujung pada meja lelang. Publik dapat melihatnya dalam pameran di Mount Stuart sampai Oktober mendatang.

Pada tahun ini Inggris merayakan 400 ratus tahun wafatnya Shakespeare. Ia meninggal pada 23 April 1616.

 


(ELG)

Wawancara Eksklusif Geisha, Berlayar Tanpa Melumpuhkan Ingatan tentang Momo

Wawancara Eksklusif Geisha, Berlayar Tanpa Melumpuhkan Ingatan tentang Momo

5 days Ago

Meski melaju dengan Regina, Geisha tidak ingin menghapus bayang-bayang Momo. Lantas, ke mana ar…

BERITA LAINNYA