Dance Heginbotham, Kelompok Tari Amerika Kunjungi Indonesia

Putu Radar Bahurekso    •    07 April 2016 23:51 WIB
seni tari
Dance Heginbotham, Kelompok Tari Amerika Kunjungi Indonesia
Kelompok Tari Amerika Kunjungi Indonesia (Foto: Metrotvnews.com/Putu)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kelompok penari kontemporer asal Amerika Serikat, Dance Heginbotham baru saja tampil di Komunitas Salihara. Ini adalah sebuah kunjungan yang membawa misi diplomasi budaya.

Ini merupakan program tahunan dari Dance Motion USA yang menghadirkan seni tari kontemporer Amerika Serikat ke seluruh dunia. Dalam kunjungannya kali ini, mereka melibatkan cukup banyak komunitas-komunitas yang ada di Indonesia.

"Saya sangat gembira bisa mendapat kesempatan untuk menari bersama orang Indonesia. Grup tari saya dan saya sendiri telah betemu dan menari bersama dengan orang-orang dari berbagai latar belakang. Saya melihat bahwa mereka semangat dan penuh harapan," tutur John Heginbotham, koreografer Dance Heginbotham di Salihara, Jakarta, Kamis (07/04/2016).

Mereka mengunjungi tiga kota selama di Indonesia, yakni Jailolo di Maluku, Yogyakarta, dan DKI Jakarta. Tak hanya sekadar menari, kelompok tari Dance Heginbotham ke Indonesia ini juga memberikan workshop.

"Edukasi selalu menjadi yang utama bagi kami. Kita melibatkan banyak komunitas dalam kunjungan kami begitupun dengan kunjungan ke Laos dan ke Filipina,” jelas John Heginbotham.

"Beberapa komunitas yang terlibat antara lain komunitas tari kontemporer, komunitas tari tradisional, komunitas difabilitas, dan beberapa komunitas lain,” lanjutnya.

Dalam lawatannya ke Jakarta mereka memperlihatkan cukup banyak tarian kontemporer yang mereka buat.

“Setiap tarian kami punya makna yang berbeda-beda. Namun semua gerakannya didasari dari musik. Jadi maknanya tidak naratif dan terbuka untuk intepretasi,” pungkas John Heginbotham.


(ELG)