Cinta 99% Dea Dalila

Elang Riki Yanuar    •    14 November 2017 14:33 WIB
indonesia musik
Cinta 99% Dea Dalila
Dea Dalila (Foto: MI/Permana)

Metrotvnews.com, Jakarta: Orangtua adalah segalanya bagi Dea Dalila. Maka ketika diminta menyelesaikan kuliahnya, Dea rela mengorbankan kariernya di dunia musik. Padahal, HiVi!, grup di mana Dea bergabung sedang menikmati popularitas dan sedang jauh dari konflik. Walakin, pilihan Dea sudah bulat.  

Tak pernah terbayangkan oleh Dea untuk bersolo karier atau melaju tanpa teman-teman seperjuangannya di HiVi!. Tapi momen untuk membahagiakan orangtua kadang tak sering kali datang. Di momen yang tepat dan didukung tekad yang kuat, Dea memberanikan diri. Dia resmi memutuskan keluar dari HiVi! pada Maret 2016.

Dea sebenarnya hanya merampungkan kuliahnya yang tinggal satu semester lagi. Itu berarti, kurang lebih memakan waktu enam bulan. Mahasiswi jurusan Fashion Design di LaSalle College ini tak mau egois. Apalagi di sisi lain, HiVi! juga sepertinya tak mau menunggu terlalu lama. Dea pun memaklumi itu.

"Solo karier itu tidak ada di rencana aku. Album pertama Hivi! kontraknya sudah selesai, belum bikin kontrak lagi dan ada peluang waktu. Kebetulan aku anak satu-satunya dan orangtua aku single parent, jadi memang (pendidikan) prioritas yang harus dijalani. Dikasih pilihan sama orangtua, kalau bukan sekarang nanti kelamaan," kata Dea saat berbincang dengan Metrotvnews di Kedoya, Jakarta.

Dea lalu menjalani aktivitasnya sebagai mahasiswi lagi. Sementara HiVi! sudah menemukan pengganti Dea dalam diri Neida Aleida. Dea dan HiVi! menjalani pilihannya masing-masing hingga tak terasa hampir satu tahun sudah mereka terpisah.


Dea Dalila (Foto: MI/Permana)

Lulus kuliah, dara 26 tahun ini kemudian kembali dihadapkan dalam dua pilihan yaitu, kerja sesuai jurusan kuliahnya atau melanjutkan karier di dunia musik. Dea memilih opsi terakhir.

Tanpa HiVi!, Dea ternyata masih punya daya tarik. Sejumlah label menawarinya bergabung. Tapi pilihan Dea jatuh pada Musica Studios, label yang saat ini menaungi sejumlah musisi terkenal Tanah Air seperti NOAH, Nidji, D'Masiv, Geisha hingga Sheryl Sheinafia.

"Aku tetap mau main musik. Selama aku sendiri ada beberapa tawaran, tapi aku milih-milih. Sebenarnya di era sekarang bisa saja tanpa label. Tapi setelah aku pikir-pikir, yang paling tepat mungkin sama Musica dan paling cocok misinya sama aku," ujarnya.

Selama tak lagi bergabung bersama HiVi!, Dea sebenarnya tak benar-benar menjauh dari dunia musik. Dia masih rutin menulis lagu di sela aktivitas kuliahnya. Setelah resmi direkrut Musica, Dea langsung merilis lagu ciptaannya yang berjudul Cinta 99%.

Di lagu ini, Dea seolah ingin menjawab banyak hal sekaligus membuktikan diri. Tentu tujuan pertamanya ialah melepas rindu para penggemar yang sudah lama tak melihatnya bernyanyi.



"Dengan ada kesempatan solo ini jadi lebih menggantungkan diri sama diriku. Dari segi eksplorasi lebih asyik, lebih mengenal diri sendiri, lebih peka terhadap diri sendiri. Waktu sama yang lain (HiVi!) banyak ide-ide baru, tapi tidak fokus ke pure karya sendiri. Harus ikutin brand band," katanya.

Cinta 99% merupakan lagu cinta, tapi Dea punya makna tersendiri mengenai arti lagu ini. Lagu ini merupakan cerminan prinsip hidup Dea.

"Cinta 99 persen itu menunjukkan proses. Perspektif aku, ketika kita mencintai segala sesuatu 99 persen itu sudah cukup. 1 persennya untuk diri sendiri dan logika. Tidak ada yang 100 persen karena kita semua terus berproses. Tidak hanya untuk pasangan, tapi juga misalnya pekerjaan. Ketika mencintai sesuatu secara berlebihan itu tidak baik. Itu (pemahaman) dari aku. Kalau interpretasi lagu, aku bebaskan pendengar mau memahami apa lagu ini," terang Dea.

Meski telah bersolo karier, Dea tak memungkiri masih kerap dikait-kaitkan dengan band lamanya. Bahkan, banyak pula penggemar yang meminta Dea kembali ke HiVi!. Akan tetapi, saat ini pilihan itu terasa tak mungkin. Namun, Dea tak menutup peluang untuk berkolaborasi atau tampil satu panggung bersama HiVi! suatu saat nanti.

"Tentu banyak dikaitkan, sejarah tidak bisa dihapus. Aku satu-satunya perempuan jadi suaraku paling menonjol di situ. Banyak banget (penggemar) yang kangen. Banyak yang berharap aku balik lagi. Tapi ini sudah bagian dari perjalanan aku. Kadang ada beberapa hal harus kita prioritaskan. Aku memang pernah di HiVi!, aku anggap mereka (penggemar) kangen," katanya.

Tak Berambisi Jadi Diva

"Sumpah demi apapun juga, aku niatnya tidak mau jadi diva," kata Dea.

"Misalnya laguku keluar aku enggak peduli orang suka atau tidak. Kalau ada yang suka syukur, kalau tidak ada ya tidak apa-apa," imbuhnya.


Dea Dalila (Foto: MI/Permana)

Pernyataan di atas mencerminkan seperti apa jalan karier yang ingin ditempuh Dea. Deretan piala atau pengakuan di ajang penghargaan musik bukanlah mimpi tertinggi gadis berambut ikal ini.

"Kalau diva kan tidak mau terkalahkan, kalau aku lebih senang melihat penyanyi lain. Menang award juga tidak kebayang. Targetnya hanya karyanya didengar. Itu saja sudah bahagia. Kalau ada yang lain itu bonus," ucapnya.

Namun, Dea tak mau memulai melangkah dengan tangan kosong atau bekal seadanya. Cinta 99% hanyalah pembuka dari perjalanan panjang yang baru saja dia mulai. Dia punya segudang konsep yang sudah dirancang untuk mengarungi industri musik Tanah Air. Sebuah album debut sudah dia siapkan tahun depan.

"Aku sudah buat konsep besar. Nanti singel ke singel ceritanya nyambung. Aku jadi bercerita lewat lagu. Cinta 99% cerita tentang cinta yang belum lengkap. Nanti baru bicara tentang komitmen. Aku lagi atur dinamikanya."


Dea Dalila (Foto: MI/Permana)

Meski tak mau memasang ambisi tinggi-tinggi, bukan berarti Dea tak punya target atau mimpi dalam hidupnya. Bahkan, pengagum berat Iwan Fals ini memiliki mimpi yang melampaui dirinya.

"Awalnya aku mau mengobati kerinduan orang-orang yang berharap aku masih nyanyi. Habis buat album aku mau buat film pendek, bikin scoring film, bikin buku. Banyak banget inginnya. Aku juga ingin bikin pertunjukan dengan visual yang bagus dan penyanyi tamunya Iwan Fals," urainya.

"Saat ini aku masih terus berproses dan proses itu yang akan mendewasakan aku," tutupnya.





 


(ELG)

Cinta 99% Dea Dalila

Cinta 99% Dea Dalila

3 days Ago

Di momen yang tepat dan didukung tekad yang kuat, Dea memberanikan diri. Dia resmi memutuskan k…

BERITA LAINNYA