January Christy, Si Biduan yang Pemalu

Agustinus Shindu Alpito    •    16 September 2016 10:22 WIB
obituari
January Christy, Si Biduan yang Pemalu
January Christy (Foto: YouTube)

Metrotvnews.com, Jakarta: January Christy adalah anomali dari sederet perilaku penyanyi di atas pentas. Jika pada dasarnya penyanyi selalu memiliki kepercayaan diri untuk menunjukkan bakatnya, lain dengan January Christy.

Diceritakan pengamat musik Bens Leo, January Christy adalah sosok pemalu. Dia cenderung menghindari tampil energik di atas panggung layaknya penyanyi pada masanya. Bahkan, dia memilih suasana studio yang gelap saat rekaman agar tidak dilihat orang.

“Di studio rekaman namanya Prosound di daerah Jelambar, sewaktu dia rekaman dengan Erwin Gutawa, dia minta studio itu dimatikan lampunya. Dia tidak mau dilihat saat rekaman. Peristiwa itu bagi kami, para musisi dan reporter bingung. Dia penyanyi tapi pemalu,” kata Bens Leo yang dihubungi Metrotvnews.com, Jumat (16/9/2016).

Peristiwa sikap pemalu January berulang, yaitu pada ajang penghargaan majalah Gadis. 

“Sewaktu saya di majalah Gadis, kami bikin angket musik. January Christy menang di kategori pop jazz, konsekuensinya dia harus manggung di ajang penghargaan. Tetapi karena malu, January Christy awalnya tidak mau tampil, padahal dia juga bisa main keyboard.”

“Akhirnya kami akali, dia minta keyboard diletakan di bagian belakang, sehingga dia main di panggung bagian belakang. Itu perjuangan luar biasa sekali untuk membujuk dia tampil. Itulah January Christy, dia pemalu tetapi dia memberi kontribusi di musik Indonesia karena lewat dia ada kategori pop jazz di ajang penghargaan.”




Kategori pop jazz pada akhirnya masuk dalam kategori yang dilombakan dalam ajang penghargaan BSF Awards, sebuah penghargaan musik bergengsi yang lantas memicu lahirnya Anugerah Musik Indonesia Awards.

Dilombakannya kategori pop jazz tidak lepas dari keberadaan January Christy. Kategori anugerah musik yang ada pada saat itu dianggap kurang mewakili genre musik yang ada, padahal January Christy sedang naik daun dengan gaya musik yang tidak terwakilkan dalam kategori di ajang penghargaan BASF Awards.

Baca: Penyanyi January Christy Meninggal Dunia

“BASF Awards, yang dimulai tahun 1984. January Christy itu penyanyi pop jazz, tetapi dia tidak punya ruang untuk menang di BSF karena tidak ada kategori untuk January Christy. Lalu saya dan Tantowi Yahya mengusulkan untuk membuka kategori baru, pop jazz, dan January Christy menang. BSF itu embrio dari AMI Awards. “

Kini, kisah Si Biduan Pemalu itu tinggal kenangan. January Christy meninggal pada Jumat 16 September 2016, di RS Hasan Sadikin Bandung, pada pukul 00:45. Beberapa waktu terakhir, sang penyanyi memang menderita beberapa penyakit, termasuk kanker paru-paru. Selamat jalan January Christy! (ASA)




(FIT)