Film Biopik Chrisye Merangkum Momen Penting dari Era Berbeda

Purba Wirastama    •    17 September 2017 16:08 WIB
film indonesia
Film Biopik Chrisye Merangkum Momen Penting dari Era Berbeda
Cuplikan teaser film Chrisye (YouTube MNCP)

Metrotvnews.com, Jakarta: Chrismansyah Rahadi atau Chrisye aktif sebagai musisi selama tiga dekade sejak era 1970-an. Alim Sudio, penulis naskah film biopik Chrisye, menyebut bahwa ada sejumlah momen penting dari periode waktu berbeda yang hendak diceritakan dalam film. Periode ini sekaligus menjadi struktur utama alur cerita.

"Kalau dipilah, ada fase Chrisye memilih sebagai seniman, fase dia menjalani hidup sebagai penyanyi yang tiba-tiba ngetop, yang sebenarnya enggak menyangka bisa menjadi populer banget, terus fase dia jatuh cinta, menikah, dan membina rumah tangga," kata Alim saat ditemui dalam jumpa pers di kawasan Gelora, Jakarta, Sabtu 16 September 2017.

"Jadi strukturnya lebih ke fase-fase dalam hidup Chrisye yang paling (penting)," imbuhnya.

Kendati demikian, kata Alim, cerita film tetap punya benang merah penghubung, yaitu upaya Chrisye untuk bertahan hidup dan menjaga keseimbangan antara dunia industri musik dan keluarga. Menurut Alim, waktu itu musisi bukan menjadi pilihan profesi menjanjikan secara ekonomi dan Chrisye juga mengalami kesulitan ekonomi.

"Sebenarnya ini adalah kisah pergulatan batin seorang seniman di jaman itu dan bagaimana kita harus bertahan dalam apa yang kita suka, kita cintai," ujar Alim.

Dengan sejumlah periode berbeda, tantangan utama yang dihadapi sutradara Rizal Mantovani adalah soal meramu tiap keping waktu yang punya nuansa kultur berbeda. Sosok Chrisye juga mengalami perubahan.

"Ini adalah film yang period piece (drama historis). Walaupun belum lama, tapi ada karakteristik (dari jaman tertentu). Bagaimana meramu dari (nuansa) 70-an, 80-an, 90-an biar enak ditonton. Chrisye mengalami perubahan secara fisik dan juga secara spiritual," kata Rizal.

Film Chrisye  merupakan produksi kerjasama MNC Pictures dan Vito Global Visi. Rissa Putri, Pasha Chrismansyah (anak Chrisye), Setioro, dan Rini Noor menjadi produser. Affandi Abdul Rachman dan Toha Essa jadi produser eksekutif. Lukman Sardi bertindak sebagai produser kreatif.

Vino Bastian dan Velove Vexia menjadi aktor utama pemeran tokoh Chrisye dan Yanti. Selain itu, ada Ray Sahetapy sebagai ayah Chrisye, Andy Arsyil sebagai Erwin Gutawa, Ayu Dyah Pasha sebagai ibu Yanti, Dwi Sasono sebagai Guruh Sukarno Putra, Fendy Chow sebagai Joris, Rifnu Wikana sebagai Gauri, Cholidi sebagai Surya, Verdy Solaiman sebagai A Ciu, Fuad Idris sebagai Taufik Ismail, dan Tria The Changcuters sebagai Eddy Sud.

Film Chrisye  dijadwalkan tayang di bioskop pada Desember 2017.




(DEV)

Cinta 99% Dea Dalila

Cinta 99% Dea Dalila

3 days Ago

Di momen yang tepat dan didukung tekad yang kuat, Dea memberanikan diri. Dia resmi memutuskan k…

BERITA LAINNYA