Buku tentang Ahok akan Diadaptasi ke Film

Purba Wirastama    •    31 Mei 2018 23:27 WIB
ahokfilm indonesiafilm a man called ahok
Buku tentang Ahok akan Diadaptasi ke Film
Putrama Tuta akan menyutradarai film A Man Called Ahok berdasarkan buku berjudul sama tulisan Rudi Valinka (twitter @putramatuta)

Jakarta: Kisah eks gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dalam buku A Man Called Ahok tulisan Rudi Valinka akan diadaptasi ke film cerita panjang. Putrama Tuta, sutradara Catatan Harian Si Boy, akan memimpin proyek ini.

Kabar ini dibagikan sendiri oleh Tuta di media sosial Twitter. Lewat akun @putramatuta, Tuta membagikan foto kaver draf produksi serta draf naskah yang dibubuhi tulisan tangan Ahok, sebagai isyarat bahwa proyek ini telah mendapat lampu hijau dari sosok aslinya, yang kini masih menjalani masa tahanan di Rutan Mako Brimob, Depok.

"Tahun ini gue kembali menyutradarai film layar lebar adaptasi dari buku A Man Called Ahok karya @kurawa (Rudi Valinka) yang menceritakan kisah hidup @basuki_btp. Minta doa ya," kicau Tuta pada Kamis petang, 31 Mei 2018.

Emir Hakim, Reza Hidayat, dan Ilya Sigma menjadi produser lewat bendera The United Team of Art (TUTA). Naskah adaptasi dikembangkan oleh tim Tujuh Ratus Kata.

Film diberi judul sama seperti bukunya. Sinopsis kisah belum diketahui. Namun lewat foto yang dibagikan Tuta, kita bisa menduga adegan awalnya.

Pada halaman pertama naskah draf ke-9 ini, tertulis kata "hakim" dalam deskripsi adegan. Kemungkinan besar, alur cerita akan beranjak dari kasus hukum penistaan agama yang menjerat Ahok pada masa kampanye Pilkada 2017 lalu.

Tuta adalah sineas kelahiran 1982. Setelah film debutnya Catatan Harian Si Boy (2011), dia menulis, menyutradarai, serta menjadi produser untuk film biografi musik Noah Awal Semula (2013).





(ELG)