Wiro Sableng Emban Misi Anti Pembajakan

Cecylia Rura    •    07 Agustus 2018 17:26 WIB
film wiro sableng
Wiro Sableng Emban Misi Anti Pembajakan
Jumpa media kampanye anti pembajakan film di Lounge Cinema XXI, Plaza Indonesia, Jakarta, Selasa, 7 Agustus 2018. (Foto: Medcom.id/Cecylia Rura)

Jakarta: Asosiasi Produser Film Indonesia (APROFI) merilis cuplikan terbaru untuk mengampanyekan anti pembajakan film. Tahun ini, APROFI kembali bekerjasama dengan Badan Ekonomi Kreatif (BEKraf) Indonesia dan Motion Pictures Association (MPA), turut menggandeng Lifelike Pictures dan 20th Century.

Aktor Vino G. Bastian, pemeran Wiro Sableng produksi Lifelike Pictures berduet dengan Fariz Alfarazi, pemegang peran Bujang Gila Tapak Sakti, sahabat Wiro Sableng didapuk sebagai tokoh utama untuk mengampanyekan anti pembajakan. Tidak hanya berdua, Vino dan Fariz ditemani Jessica Veranda dan dua rekan dari tim produksi Lifelike Pictures, Reza dan Ali.

"Kami meminta pada Vino, Fariz dan Jessica jadi duta anti pembajakan. Fokusnya yang tidak kita sadari yaitu pembajakan melalui media sosial," papar Ketua APROFI Fauzan Zidni di Lounge Cinema XXI Plaza Indonesia, Jakarta, Selasa, 7 Agustus 2018.

Dari hasil survei rutin tiga bulan sekali yang dilakukan MAP, dalam dua bulan terakhir setidaknya ada 510 judul film yang dibajak. Kampanye menjadi opsi terbaik untuk mengedukasi tanpa menakut-nakuti penikmat film yang menjadi sasaran pembajak.

Adapun pelanggaran yang dilakukan bukan sekadar membajak, tapi ketika merekam cuplikan klimaks dalam film untuk keperluan media sosial dan peningkatan status sosial masyarakat khususnya generasi milenial yang begitu dekat dengan teknologi.

"Kita lebih menekankan pada kesadaran bahwa membajak tidak baik, mencuri kekayaan intelektual dari orang lain. Kita mendorong, mana yang baik," kata Produser Lifelike Pictures Sheila Timothy.

Pemilihan aktor Wiro Sableng dirasa tepat karena cocok dengan karakter pahlawan Indonesia.

"Cocok karena Wiro Sableng selalu membela kebenaran. Siap sableng siap melawan pembajakan. Rasanya cocok untuk kampanye ini," jelas produser yang kerap disapa Lala itu.

Video berdurasi kurang lebih 30 detik itu disutradarai Teguh Rahardjo. Cuplikan tersebut rencananya akan ditayangkan dalam waktu dekat di jaringan bioskop Cinema XXI, CGV dan Cinemaxx tepat sebelum menayangkan film.

Tahun lalu, APROFI bekerjasama dengan tim produksi film Filosofi Kopi, disutradarai Dwimas Angga Sasongko. Tentunya dengan aktor Chicco Jerikho dan Rio Dewanto.



 


(ASA)

Tashoora, Invasi Berbahaya Sekstet dari Yogyakarta

Tashoora, Invasi Berbahaya Sekstet dari Yogyakarta

5 days Ago

Dalam musik yang energik sekaligus kontemplatif yang diramu Tashoora, terlantun lirik-lirik pui…

BERITA LAINNYA