Amanda Rawles Lawan Rasa Takut di Film Jailangkung

Purba Wirastama    •    31 Mei 2017 11:17 WIB
film indonesia
Amanda Rawles Lawan Rasa Takut di Film Jailangkung
Amanda Rawless (Foto: Purba Wirastama)

Metrotvnews.com, Jakarta: Jailangkung adalah film horor pertama Amanda Rawles sebagai aktris. Remaja 16 tahun ini berperan sebagai Bella, salah satu tokoh utama yang menelusuri misteri gaib penyebab ayahnya koma.

"Bella ini (anak) kedua dari tiga bersaudara. Dia mahasiswa, independen, juga berani dan ambisius. Dia paling berambisi menyelesaikan masalah yang ada di keluarganya," kata Amanda dalam jumpa pers film Jailangkung di Plaza Senayan Jakarta, Selasa 30 Mei 2017.

Kendati memerankan karakter pemberani, Amanda mengaku sebenarnya penakut jika berhadapan dengan hal-hal gaib atau dunia orang yang sudah meninggal. Dia bahkan tak berani datang melayat ke pemakaman. Jailangkung disebut telah membuatnya keluar dari dirinya yang biasa.

"Aku seperti melawan rasa takut di aku sendiri. Aku sebenarnya nggak berani melakukan hal-hal seperti itu (memanggil arwah, lari di tengah kuburan dan hutan), tapi di film ini aku berani," ungkap Amanda.

Namun seperti terlihat dalam trailer, tokoh Bella tetap saja takut ketika bertemu dengan beberapa sosok setan. Sifat penakut Amanda pun belum cukup menjadi bekal referensinya dalam mengekspresikan emosi rasa takut Bella.

"Variasi ketakutan, macam-macam ekspresinya, itu yang mesti aku eksplor karena aku sendiri belum tahu. Ternyata nggak segampang yang kupikir. Aku sudah coba yang terbaik ngeluarin rasa takut, tapi kata sutradara selalu kurang dan kurang," ujarnya.

"Sampai akhirnya aku nonton film horor. Aku harus terus cari referensi, buka ketakutan itu bagaimana, yang dimaui oleh sutradara," imbuh Amanda.

Kuburan menjadi lokasi syuting paling seram bagi Amanda. Dalam cuplikan adegan di trailer, tampak dari atas, tokoh Bella dan Rama (Jefry Nichol) berlari-lari di tengah kuburan ketika hari gelap.

"Dari jam 6 maghrib sampai jam tiga pagi, kita syuting, nggak boleh ada kru di situ, cuma pakai kamera yang terbang. Aku sama Nichol berdua, ada di tengah-tengah kuburan, lari teriak-teriak, harus lompatin kuburan orang yang bahkan aku nggak tau siapa. Itu sempat (jadi) uji nyali banget. Jangankan syuting kuburan, melayat orang aja aku takut," kenang Amanda.

Waktu syuting yang dimaksud Amanda bukanlah sembilan jam di kuburan, tetapi rentang waktu pengambilan gambar. Dia lantas bercerita bahwa syuting dilakukan sekitar sejam selepas maghrib, dilanjutkan dua jam pada dini hari.

Jailangkung  adalah kolaborasi kedua Jose Poernomo dan Rizal Mantovani sebagai sutradara, setelah film Jelangkung  (2001). Meskipun bertema dan nyaris berjudul sama, film kedua punya kisah berbeda dan tidak dimaksudkan sebagai kisah lanjutan.

Film ini bercerita tentang perjalanan tiga orang gadis dalam menguak misteri yang terjadi pada ayah mereka (Lukman Sardi), yang ditemukan koma secara misterius. Bella, Angel (Hanna Al-Rashid), dan Tasya (Gabriella Quinlyn) berusaha menemukan jawaban.

Mereka dibantu oleh Rama, teman kampus Bella peminat hal metafisik, serta seorang pilot (Augie Fantinus) yang mengantar ke tempat pertama ayah ditemukan. Mereka menemukan rumah besar di tengah hutan beserta jailangkung, boneka pemanggil arwah yang membuka rahasia gelap masa lalu dan kini membahayakan nyawa mereka.

Selain keenam pemain di atas, Wulan Guritno dan Butet Kertaradjasa juga terlibat sebagai pemeran. Skenario ditulis oleh Baskoro Adi Wuryanto. Sukdhev Singh dan Wicky V Olindo menjadi produser di bawah bendera Screenplay Films dan Legacy Pictures.

Jailangkung  dijadwalkan tayang di bioskop mulai Minggu 25 Juni 2017.


(DEV)

Guruh Soekarnoputra Sebut Orde Baru sebagai Biang Kerok Krisis Kebudayaan Indonesia

Guruh Soekarnoputra Sebut Orde Baru sebagai Biang Kerok Krisis Kebudayaan Indonesia

4 days Ago

Guruh juga mengingatkan jika generasi muda tidak lagi peduli akan bahasa Indonesia yang baik da…

BERITA LAINNYA