Ridwan Kamil Janji Permudah Film yang Syuting di Bandung

Elang Riki Yanuar    •    21 Maret 2017 07:00 WIB
film indonesia
Ridwan Kamil Janji Permudah Film yang Syuting di Bandung
Ridwan Kamil dan pemain Baracas (Foto: Metrotvnews/Elang)

Metrotvnews.com, Jakarta: Wali Kota Bandung Ridwan Kamil berjanji akan membantu sineas Indonesia jika mau mengambil lokasi syuting di Kota Kembang. Pria yang akrab disapa Kang Emil ini bertekad menjadikan Bandung sebagai kota yang ramah untuk dijadikan lokasi syuting.

Menurut Kang Emil, sejumlah tempat wisata dan bangunan di Bandung tidak kalah dibanding kota lain. Bahkan, tempat-tempat di Bandung juga memiliki kesamaan dengan kota di luar negeri.

"Saya menyiapkan Bandung ini sebagai movie making friendly city. Sekarang ada tren syuting di luar negeri, saya saran di Bandung saja. Kalau mau seperti Paris, di Braga bisa. Yang bronx ada Cicadas. Untuk film kolosal banyak. Di Bandung ada tempat sejarah, tempat romantis," kata Ridwan Kamil saat ditemui di Ciwalk, Bandung.

Sebagai bentuk dukungan, Emil bahkan berjanji memberikan penginapan gratis bagi sineas jika mau syuting di Bandung. Namun, tentu saja Emil mengharapkan timbal balik seperti film itu bisa mempromosikan tempat wisata di Bandung.

"Saya tawarkan produser silakan lapor ke saya bisa bantu penginapan. Sebaliknya, sambil syuting promosikan Bandung karena setiap tahun Bandung ada inovasi baru. Saya akan dukung, akan dibuat kemudahan- kemudahan," ujarnya.

Emil menyebutkan, salah satu film yang pernah syuting d Bandung adalah Hijabers in Love. Film terbaru yang melakukan syuting di Bandung ialah Baracas. Emil pun menyempatkan diri nonton bareng film yang disutradarai seniman asal Bandung, Pidi Baiq itu.

"Makin ke sini film Indonesia luar biasa. Ceritanya banyak yang tentang kita banget. Film Warkop DKI Reborn saja bisa hampir 7 juta penonton mengalahkan film luar," tutupnya.


(ELG)