Garap Film Horor Terbaru, Timo Tjahjanto Turunkan Target Usia Penonton

Purba Wirastama    •    02 Maret 2018 15:04 WIB
timo tjahjanto
Garap Film Horor Terbaru, Timo Tjahjanto Turunkan Target Usia Penonton
Sutradara Timo Tjahjanto dan sinematografer Batara Goempar (Medcom.id_Purba Wirastama)

Jakarta: Selama ini Timo Tjahjanto dikenal sebagai penulis-sutradara untuk film horor atau laga dewasa dengan sasaran penonton 21+. Namun untuk proyek terbaru Sebelum Iblis Menjemput, Timo ingin mengurangi kadar kesadisan supaya filmnya bisa bertemu dengan penonton yang lebih muda.

"Film ini 17+ harusnya, karena sejauh ini film gue 21 tahun ke atas terus," kata Timo kepada Medcom.id saat ditemui di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Kamis, 1 Maret 2018.

"Gue enggak apa-apa (selalu 21+), tapi gue kesal kalau melihat ada penonton anak-anak yang umurnya sudah 16-18, enggak bisa masuk gara-gara ini. Padahal mereka ingin banget menonton film gue, tetapi gara-gara umurnya di bawah, (jadi enggak bisa). Akhirnya, oke deh kali ini gue enggak usah banyak perut terburai, supaya gue bisa kasih ke anak-anak sekolah," lanjutnya.

Tiga film panjang Timo sebelumnya bersama Kimo Stamboel memang sejak awal dibuat bagi penonton dewasa, yaitu Rumah Dara (2010), Killers (2014), dan Headshot (2016). Menurut Timo, penurunan target usia penonton untuk film ini juga berkaitan dengan upaya menekan pembajakan.

Soal pembajakan dia ketahui lewat cerita remaja seusia SMA yang mengaku sudah menonton film-film Timo. Padahal mereka dilarang masuk bioskop untuk film 21+.

"Anak-anak SMA dan SMP itu bilang, 'Wah Pak Timo, filmnya gila banget.' Lha, terus nonton di mana lo? 'Ngebajak, Pak.' Wah gue marah-marahin, lo gimana sih kok enggak dukung film Indonesia. 'Ya saya enggak boleh masuk.' Oh, ya sudah, gue ngerti," tutur Timo.

"Boleh deh, kali ini sadisnya gue kurangi, tetapi takutnya, semoga ditambah," imbuhnya.

Film ini dibintangi oleh Chelsea Islan dan Pevita Pearce. Para pemain pendukung antara lain Ray Sahetapy, Samo Rafael, Ruth Marini, Hadijah Shahab, Karina Suwandi, serta Kinaryosih. Naskah ditulis langsung oleh Timo. Sukhdev Singh dan Wicky Olindo menjadi produser di bawah bendera Sky Media. Abimana Aryasatya bergabung sebagai koproduser.

Sinopsis utuh belum dirilis, tetapi kisahnya berkutat pada perjalanan Alfie (Chelsea) dalam menghadapi konflik supranatural saat sedang mencari tahu penyebab kemalangan dan sakit Lesmana, ayahnya (Ray Sahetapy). Maya (Pevita) datang dan justru membuat masalah jadi lebih runyam.

Rencananya, tahap produksi dimulai pada pekan keempat Maret dan berjalan selama satu bulan. Lokasi syuting terpusat di sebuah tempat di Puncak Bogor.

Sebelum Iblis Menjemput akan dirilis di bioskop tahun ini.


 
(ELG)

Akhir Perjalanan Raja Festival Rock Log Zhelebour

Akhir Perjalanan Raja Festival Rock Log Zhelebour

2 days Ago

Log memastikan bahwa dalam waktu dekat, dia akan pensiun total dari bisnis pagelaran musik, ter…

BERITA LAINNYA