Film Aquaman Tembus Pendapatan Rp14 Triliun

Purba Wirastama    •    14 Januari 2019 13:36 WIB
box officefilm aquaman
Film Aquaman Tembus Pendapatan Rp14 Triliun
Jason Momoa dan Amber Heard dalam Aquaman (Foto: Warner Bros)

California: Lebih dari lima pekan setelah perilisan perdana di puluhan negara, film superhero komik Aquaman telah menembus pendapatan kotor fantastis untuk ukuran Hollywood. Pendapatan filmnya telah mencapai lebih dari USD1 miliar atau sekitar Rp14 triliun dengan nilai kurs 14 Januari 2019. 

Menurut data Box Office Mojo, hingga Minggu kemarin (13 Januari), Aquaman telah meraup pendapatan kotor global USD1,02 miliar. Angka ini meliputi USD732 juta dari pasar internasional dan USD287 juta dari pasar domestik AS-Kanada. 

Jika dibandingkan dengan film-film adaptasi komik DC sebelumnya, termasuk trilogi The Dark Knight, Aquaman memang baru menembus posisi terlaris ketujuh untuk lingkup AS-Kanada. 

Namun secara total dalam lingkup global, capaian komersial film rilisan Warner Bros ini hampir melampaui rekor The Dark Knight Rises (2012) sebagai film DC terlaris sepanjang masa. Jika selama sepekan ke depan Aquaman mampu menambah USD65 juta, yang mana sangat mungkin, rekor tersebut akan dilewati.

Sudah ada dua hingga tiga lusin film-film adaptasi komik DC yang dirilis sejak 1970-an, termasuk Superman yang dibintangi Christoper Reeve. Sejak 2013, Warner Bros membuat sejumlah film adaptasi dalam jagat fiksi bersama atau waralaba "shared universe". Dibanding lima film lain dalam seri ini, Aquaman adalah yang terlaris secara global. 

Pendapatan terbesar Aquaman datang dari AS-Kanada dan Tiongkok. Film ini meraup lebih dari USD280 juta dari masing-masing kawasan tersebut. 




(ASA)