Film Animasi Aji Saka Libatkan Pengisi Suara Internasional

Elang Riki Yanuar    •    28 September 2016 12:52 WIB
film indonesia
Film Animasi Aji Saka Libatkan Pengisi Suara Internasional
Erik Hadi Saputra (Foto: ist.)

Metrotvnews.com, Jakarta: Film animasi Aji Saka ingin mengikuti jejak film Battle of Surabaya dengan dipasarkan ke negara-negara internasional. Demi diterima pasar internasional, AMIKOM selaku tim kreator melakukan sejumlah penyesuaian.

Salah satunya ialah penyesuaian wajah. Meski nantinya bercerita tentang kisah yang terkenal di Jawa, karakter wajah di film Aji Saka dibuat sesuai selera pasar internasional.

"Ada transformasi wajah. Makanya kita buat wajah-wajahnya yang juga selera Hollywood, termasuk juga soal pakaian. Karena memang mau dijual juga di internasional," kata Head of Public Relation Amikom, Erik Hadi Saputra saat berbincang dengan Metrotvnews.com di Jakarta.

Film Aji Saka juga melakukan penyesuaian terhadap negara yang dituju. Erik mencontohkan, Aji Saka bisa saja memasukkan karakter orang Tiongkok agar penonton di Negeri Tirai Bambu itu merasa memiliki kedekatan terhadap film Aji Saka.

"Kita riset wajah seperti apa yang memang diinginkan di pasar film internasional. Termasuk juga soal budaya. Jadi kalau mau buat film, harus ada unsur budaya yang mewakili di negara itu juga," jelasnya.

Yang terpenting, kata Erik, soal bahasa. Film Aji Saka nantinya akan menggunakan bahasa Inggris saat ditayangkan di luar negeri. Karena itulah, AMIKOM berniat menggandeng para pengisi suara (dubber) internasional.

"Untuk masuk ke pasar internasional ya memang harus bahasa Inggris. Jadi tidak boleh orang dikasih subtittle. Kalaupun ada harus subtitlle, dari Bahasa Inggris ke bahasa mana. Makanya kita pakai dubber internasional juga," katanya.



Film Aji Saka saat ini masih dalam tahap produksi. Jika sesuai rencana, film ini akan tayang di bioskop pada tahun 2017. Namun, sebelum tayang di Indonesia, Aji Saka terlebih dulu mengikuti festival di luar negeri.

"Saat Battle of Surabaya juga kita lombakan di festival-festival film Internasional. Di Texas, di India, di Korea Selatan, film kita dapat banyak penghargaan dan menang lomba. Aji Saka juga akan seperti itu," tutupnya.

 


(ELG)