Christine Hakim Ajak Memuliakan Ibu Lewat Film Terbaru

Indriyani Astuti    •    02 November 2016 10:35 WIB
christine hakim
Christine Hakim Ajak Memuliakan Ibu Lewat Film Terbaru
(Foto:Antara/Teresia May)

Metrotvnews.com, Jakarta: Aktris senior, produser film, sekaligus sutradara Herlina Christine Natalia Hakim atau lebih dikenal dengan Christine Hakim, 59, menganggap pesan positif sekecil apa pun harus disampaikan kepada masyarakat luas.

Caranya ialah melalui media film. Menurutnya, bermain dalam suatu film bukan semata-mata karena profesinya sebagai aktris. Dari sana ia bisa menyiarkan hal baik kepada orang banyak.

Lewat film barunya, Ibu, Maafkan Aku, Christine ingin mengajak penonton untuk merenungkan kembali pentingnya menghormati dan memuliakan sosok ibu. Dalam film tersebut, perempuan kelahiran Kuala Tungkal, Jambi, 25 Desember 1956 itu berperan sebagai ibu yang harus membesarkan tiga anaknya dengan kondisi perekonomian yang sulit sepeninggal suaminya.

"Hal yang paling dasar dari film ini ialah untuk mengingatkan kita semua agar selalu menjaga perasaan ibu kita karena sebagai anak kita sering sekali menyakiti dengan sengaja atau tanpa sengaja. Kalau dengan kata-kata verbal, kesannya seperti mengajari lewat adegan yang hidup sehingga rasa itu sampai ke penoton," ujarnya saat premier film Ibu, Maafkan Aku di Jakarta, kemarin.

Menurut dia, meskipun terlihat sederhana, film itu justru memiliki kekuatan pada jalinan cerita. "Cerita ini jadi universal. Apa pun itu suku bangsanya, kita semua pasti mempunyai ibu. Meskipun sudah tidak ada, kita punya kewajiban mendoakannya," imbuh Christine dengan mata berkaca-kaca.

Rupanya dia sedikit terkenang mengenai sosok ibunya. "Kalau saya menyakiti ibu saya, saya cium kaki ibu ketika setiap pulang," kata dia.

Lebih lanjut, Christine mengungkapkan, meskipun belum dikaruniai seorang anak oleh Tuhan, dia dapat merasakan bagaimana sosok ibu dengan segenap kasih sayangnya, rela berkorban demi kebaikan anak-anaknya tanpa pamrih. "Sutradara dari film ini membebaskan saya untuk mengeksplorasi peran sebagai seorang ibu sehingga bisa bermain dengan total," tuturnya.

Totalitas

Demi totalitas berakting, Christine mengaku selama syuting 18 hari di Gunung Kidul dalam film tersebut, dirinya bermalam di rumah berdinding bambu yang menjadi lokasi syuting serta menolak tinggal di hotel. Perempuan yang kerap kali mendapatkan Piala Citra itu mengaku nyaman tinggal di tempat sederhana itu selain alasan untuk mendalami karakter.

"Awalnya untuk efisiensi dari sisi waktu karena pukul 02.00 terkadang baru selesai, kalau ke hotel harus menempuh perjalanan 1,5 jam dan subuh harus berangkat lagi ke lokasi. Saya bisa tidur nyaman di sana walaupun sederhana. Kalau malam pakai selimut karena itu dari bambu bolong-bolong, udara malam bisa masuk," kenangnya.

Orang pertama Indonesia yang menjadi juri dalam Festival Film Cannes itu juga tidak lupa berbagi rahasia tetap bugar. Salah satunya ialah tetap produktif. Selebihnya selalu mengonsumsi makanan serta minuman sehat. "Agar tubuh cukup serat, di usia sekarang kan harus tetap menjaga kondisi tubuh," ungkapnya seraya tertawa. Christine kini juga sudah berhenti merokok dan rutin berolahraga


(DEV)

Senandung Senja Yon Koeswoyo

Senandung Senja Yon Koeswoyo

1 month Ago

Tubuh pria tua itu hanya bersandar di sebuah sofa berwarna cokelat. Seorang kawan di dekatnya m…

BERITA LAINNYA