108 Film Akan Diputar di Balinale 2017

Purba Wirastama    •    07 September 2017 15:09 WIB
balinale
108 Film Akan Diputar di Balinale 2017
Chaplin in Bali akan buka Balinale 2017 (Foto: dok. balinale)

Metrotvnews.com, Jakarta: Balinale, atau Festival Film Internasional Bali, siap digelar di Kuta pada pekan terakhir September 2017. Dalam ajang tahunan ke-11 ini, festival menyajikan 108 film dari 42 negara.

21 film di antaranya masuk ke program kompetisi, yang terdiri dari enam dokumenter, enam film naratif panjang, dan sembilan film pendek. Tiga film berasal dari Indonesia, yaitu Nokas garapan Manuel Alberto Maia, hUSh garapan Djenar Maesa Ayu dan Kan Lume, serta Nameless Boy garapan Diego Batara.

Tahun ini merupakan kali pertama Balinale punya program kompetisi. Sebelumnya festival hanya punya 'audience choice award' sebagai program yang berkaitan dengan pemberian penghargaan khusus.

"Kami ingin ada peningkatan setelah 10 tahun," kata produser festival Inneke Indriyani dalam jumpa pers di Plaza Semanggi Jakarta, Kamis 7 September 2017.

"Audience choice award tetap ada. Jadi semua (film) masuk kompetisi (versi pilihan penonton). Tapi yang masuk penilaian juri cuma 21 film itu saja," lanjut Inneke.

Juri untuk program kompetisi adalah Michael Rowe (Australia/Meksiko), Jeane Huang (Taiwan), serta Erwin Arnada (Indonesia). Pemenang tiap kategori akan menerima piala khas Balinale yang dibuat oleh perajin lokal.

Semua film akan ditayangkan di tiga teater bioskop Cinemaxx Lippo Mall Kuta pada 24-30 September 2017. Film Chaplin in Bali garapan Raphael Millet akan diputar pertama kali di festival ini dan sekaligus akan menjadi film pembuka. Sementara Moonlight garapan Barry Jenkins menjadi film penutup.

Sebagian film memang berstatus world-premiere di Balinale. Misal Automation (Kenjo McCurtain, Jepang), Measuring the Jump (Eden Falk, Australia), dan Moss (Daniel Peddle, AS). Sebagian lain ditayangkan perdana di wilayah Asia.

Selain penayangan film dan kompetisi, Balinale juga punya forum diskusi BalinaleX sebagai program paralel. Forum berlangsung selama dua hari pada 22-23 September 2017 di Ayodya Resort Nusa Dua. Sejumlah pelaku industri film dan para pemangku kepentingan akan hadir dalam empat sesi diskusi.

Jadwal festival selengkapnya dapat disimak di situs resmi balinale.com.

 


(ELG)

Menjaga Nyawa Clubeighties

Menjaga Nyawa Clubeighties

21 hours Ago

Menjaga nyawa grup musik selama sembilan belas tahun bukan perkara mudah. Terlebih, dengan diti…

BERITA LAINNYA