Black Panther Punya Elemen Film James Bond

Purba Wirastama    •    10 Januari 2018 11:35 WIB
film hollywood
Black Panther Punya Elemen Film James Bond
Black Panther (Foto: Quirkybyte.com)

Los Angeles: Beberapa film Marvel Cinematic Universe punya pendekatan berbeda, misal Guardians of the Galaxy sebagai opera antariksa atau Captain America: Civil War yang punya nuansa thriller politik. Untuk Black Panther, film terbaru garapan Ryan Coogler, apa elemen yang mendefinisikan film ini?

"Aku rasa film ini punya banyak elemen. Ada sedikit thriller spionase. Ada sedikit drama keluarga," kata Coogler dalam wawancara dengan Fandango baru-baru ini.

"Film ini melibatkan T'Challa yang bekerja sama dengan keluarga. Jadi aku rasa ada elemen keluarga di situ. Dia bekerja dengan saudara perempuan dan ibunya. Dia kehilangan ayahnya, serupa dengan film-film lain tentang keluarga terhormat. Kita punya elemen keluarga dan sisi politik juga. Berarti ini juga bisa jadi drama politik," tuturnya.

Menurut Fandango, Black Panther kerap dibandingkan dengan film James Bond dan The Godfather. Cogler sepakat bahwa ada pengaruh dari film-film tersebut. Secara spesifik, dia menilai filmnya sama seperti Captain America: The Winter Soldier yang dipengaruhi oleh film era 1970-an dan kisah fiksi kriminal.

Coogler adalah pria Afro-Amerika kelahiran 1986. Sebelum ini, dia telah menulis dan mengarahkan dua film cerita panjang, termasuk film independen Fruitvale Station.

Terkait film referensi, Cogler mengaku tak ingin hanya berfokus ke satu atau dua jenis film saja saat memulai proyek film. Dia mencoba untuk mendapatkan pengaruh dari beragam jenis film. Namun pengaruh favoritnya adalah A Prophet dari sutradara  Jacques Audiard.

"Aku suka menonton film. Aku sudah jadi penggemar film bahkan sebelum aku tahu aku bisa membuatnya. Aku berasal dari sekolah film. Film favoritku A Prophet, film Prancis hampir satu dekade lalu, yang mana tampak sedikit gila," ungkap Coogler.

"Setiap kali aku membuat film, sumber inspirasiku condong ke film itu. A Prophet berkisah tentang masyarakat rahasia dan ikatan budaya. Jadi ini adalah pengaruh yang besar bagi Black Panther," lanjutnya.

Black Panther adalah film ke-18 MCU. Film ini dijadwalkan tayang di bioskop mulai Februari 2018.




(ASA)

Nyawa Lain Yon Koeswoyo

Nyawa Lain Yon Koeswoyo

4 days Ago

Yon dan Koes Plus meninggalkan segudang warisan bagi generasi setelah mereka. Semasa jayanya, K…

BERITA LAINNYA