Mirip Logo Festival Tribeca, Situs Web FFI 2017 Ganti Key Visual

Purba Wirastama    •    10 Oktober 2017 13:31 WIB
Mirip Logo Festival Tribeca, Situs Web FFI 2017 Ganti Key Visual
Tampilan muka lama dan baru situs web FFI 2017 (Foto: festivalfilm.id)

Metrotvnews.com, Jakarta: Festival Film Indonesia punya logo berbentuk mirip api dan tiga huruf FFI yang dipakai sejak 2014. Setiap tahun pula, situs web FFI punya gambar key visual yang dapat jadi penanda khas materi publikasi dan dekorasi acara.

Situs web FFI 2017, yang kini beralamat di festivalfilm.id dan bukan lagi pialacitra.com, punya key visual dengan dominasi warna latar merah sedikit magenta. Dalam tampilan muka, ada gambar geometris dengan titik-titik cahaya dan garis cahaya yang sebagian saling terhubung.

Lalu ada teks Festival Film Indonesia 2017 dalam huruf kapital berwarna putih yang disusun empat baris. Yang pada awalnya membuat tampak khas, adalah garis vertikal panjang yang bersambung melintasi empat baris teks. Garis ini sekaligus menggantikan huruf I serta angka 1 dalam teks.

Kontroversi Film Posesif di FFI 2017

Key visual ini rupanya tidak cukup unik. Setidaknya ada satu festival film lain yang punya materi visual serupa, yaitu Tribece Film Festival di New York. Ada satu garis panjang pengganti huruf I yang melintas vertikal. Bedanya, TFF menggunakan jenis huruf Gotham tebal, sedangkan FFI jenis huruf Helvetica.


Key visual FFI 2017 dan logo Tribeca Film Festival (Foto: ist)

Barangkali kebetulan mirip atau memang terinspirasi dari sana. Namun, tampaknya panitia tak ingin kemiripan ini jadi ganjalan ke depan. Menurut pantauan Metrotvnews.com, gambar muka situs web telah berubah sejak Senin (9/10/2017) malam, terutama bagian teks.

Dominasi Kartini dan Pengabdi Setan di FFI 2017

Dalam gambar muka terbaru, garis vertikal panjang tak lagi tersambung. Setiap kata memiliki huruf I masing-masing. Bahkan angka 1 dalam 2017 juga menggunakan huruf I. Jenis huruf yang digunakan juga berbeda. Jenis huruf baru ini serupa dengan jenis huruf Fira Sans, atau Ubuntu Condensed, yang juga dipakai untuk konten situs web.


Tampilan muka situs web FFI 2017 (Foto: via festivalfilm.id)

Sebelum gambar muka situs web diganti, kami telah menghubungi panitia FFI tetapi belum ada tanggapan terkait kemiripan visual. Kami menghubungi lagi pada Selasa (10/9/2017) pagi untuk bertanya soal penggantian, tetapi tanggapan juga belum bisa diberikan.


 
(ELG)