Timo Tjahjanto Jawab Tantangan Bikin Film Horor Berbeda di Indonesia

Purba Wirastama    •    02 Maret 2018 16:27 WIB
timo tjahjanto
Timo Tjahjanto Jawab Tantangan Bikin Film Horor Berbeda di Indonesia
Timo Tjahjanto (Foto: MI/Adam Dwi)

Jakarta: Penulis-sutradara Timo Tjahjanto menyebut bahwa genre film horor di Indonesia akan mengalami dinamika dan persaingan baru pada 2018. Dia menerima tantangan untuk membuat horor yang lebih mengemuka lewat proyek film Sebelum Iblis Menjemput.

Film horor slasher ini akan dibintangi oleh Chelsea Islan dan Pevita Pearce. Proyek dikerjakan bersama Sukhdev Singh dan Wicky Olindo, duo produser yang telah bekerja sama di dua film Timo sebelumnya, Rumah Dara dan Headshot. Abimana Aryasatya bergabung sebagai ko-produser.

"Saya curhat ke bapak-bapak produser itu, saya kangen banget bikin film horor. Dulu saya pernah bikin Rumah Dara bersama Kimo. Jadi, saya mohon, boleh enggak saya bikin film horor lagi (...). Saya juga ingin kerja bareng Abi. Kapasitas dia sebagai aktor sudah enggak diragukan, tetapi kapasitas sebagai teman yang bisa mendukung dalam hal kreativitas dan juga seluk beluk bikin film, gue penasaran banget," tutur Timo di kawasan Kemang, Jakarta Selatan.

"Intinya, gimana cara kami memadukan dua talenta ini (Chelsea dan Pevita) dalam sebuah film horor yang semoga (bagus). Tahun ini akan terjadi banyak pergolakan di industri film horor kita, dan itu bagus. Artinya, gue makin tertantang, gimana caranya lebih mengemuka daripada film-film horor lain," lanjutnya.

Proses penulisan naskah diakui Timo berlangsung relatif cepat kurang dari sebulan. Namun kisahnya sudah terpikirkan sejak lama dan diceritakan secara lisan kepada Abi sejak tiga bulan silam. Menurutnya, unsur horor supranatural dalam film ini sangat familiar di Indonesia.

"Tema horornya itu nanti, begitu mulai syuting, mungkin sudah ketahuan subyek apa yang mau kami gali, dan itu sering terjadi di Indonesia. Jadi gue ingin banget eksplorasi subyek itu," ucap Timo.

Namun dia menegaskan subyek ini bukanlah hantu dari legenda urban seperti kuntilanak atau setan-setan lain, yang mana sudah menjadi hal umum di perfilman Indonesia.

"Gue sebenarnya enggak ingin ambil ke arah situ, enggak ingin kasih lihat yang itu-itu lagi. Bukan karena gue enggak tertarik, tapi sudah ada sineas lain yang menggali itu. Gue lebih ingin gimana cara kami menggabungkan supranatural, tapi juga dihajar dengan tema-tema psikologi ketakutan orang," imbuhnya.

Selain Chelsea dan Pevita, para pemain pendukung antara lain Ray Sahetapy, Samo Rafael, Ruth Marini, Hadijah Shahab, Karina Suwandi, serta Kinaryosih. Rencananya, syuting akan dimulai pada pekan keempat Maret dan berjalan selama satu bulan. Lokasi syuting terpusat di sebuah tempat di Puncak Bogor.

Sebelum Iblis Menjemput akan dirilis di bioskop tahun ini.

 
(ELG)

Seksisme dan Biduan Dangdut

Seksisme dan Biduan Dangdut

1 week Ago

Unsur seksisme bahkan lekat dengan profesi pedangdut ini. Seksisme merupakan penghakiman, prasa…

BERITA LAINNYA