Pengaruh Besar Peristiwa Dunkirk 1940 yang Diangkat ke Film

Purba Wirastama    •    20 Juli 2017 08:00 WIB
christopher nolantrailer dunkirk
Pengaruh Besar Peristiwa Dunkirk 1940 yang Diangkat ke Film
Cuplikan Adegan Dunkirk (warner bros pictures)

Metrotvnews.com, Jakarta: Film Dunkirk garapan Christopher Nolan mengadaptasi kisah penyelamatan 400 ribu tentara Inggris dan sekutu yang terjebak di pesisir utara Prancis pada 1940. Joshua Levine, penulis buku Forgotten Voices of Dunkirk sekaligus konsultan sejarah untuk film Dunkirk, menyebut bahwa evakuasi tersebut penting tidak hanya bagi sejarah Inggris, melainkan dunia.

"Peristiwa itu masif dan masih punya arti penting bagi dunia internasional. Segala yang dirayakan tentang Perang Dunia II – Inggris, AS, dan seluruh penjuru – tidak akan terjadi tanpa evakuasi Dunkirk terlebih dulu," kata Levine dalam keterangan tertulis di catatan produksi Dunkirk.

Misi tersebut dikenal dengan nama Operasi Dinamo. Ratusan ribu pasukan Inggris, Prancis, Belgia, dan Kanada terpojok di pantai Dunkirk. Mereka dikelilingi pasukan musuh dari Jerman. Kendati dataran Inggris hanya berjarak 42 km, situasi pantai menghambat kapal perang Inggris merapat. Kapal-kapal kecil milik warga sipil dikerahkan untuk menjemput pasukan Inggris.

"Misi tersebut sangat penting. Jika pasukan Inggris dibunuh atau ditawan, Inggris akan sangat mungkin menyerah, dan kita sekarang akan hidup dalam dunia yang berbeda. Bagiku, Dunkirk adalah soal menjaga kemerdekaan. Begitu kapal-kapal (penyelamat) tersebut masih berjalan, dunia masih punya kesempatan," imbuh Levine.

Dalam proses penulisan naskah, Nolan melakukan riset mendalam melalui sejumlah buku, termasuk yang ditulis oleh pelaku dan saksi hidup. Dia juga melakukan konsultasi intensif dengan Levine. Menurut Nolan, Levine memahami karakteristik film fiksi yang diadaptasi dari kisah sejarah.

"(Levine) segera paham titik keseimbangan antara hiburan dan ketepatan sejarah yang kami coba lakukan. Dia juga mengatur pertemuan dengan beberapa veteran yang bertahan dari Operasi Dinamo. Sebuah kehormatan besar dapat bertemu dan mendengar pengalaman mereka, serta menguak apa arti (evakuasi) Dunkirk bagi mereka," kata Nolan, dikutip dari catatan produksi.

Film Dunkirk mengikuti perjalanan beberapa tokoh yang terlibat dalam proses evakuasi tentara Inggris di pantai Dunkirk selama seminggu pada musim panas 1940. Waktu itu Perang Dunia II sedang memasuki tahap awal dan mereka dikepung pasukan Jerman.

Selain menulis dan menyutradarai, Nolan juga menjadi produser bersama Emma Thomas, istrinya. Produksi dilakukan oleh Syncopy dan hak distribusi dipegang oleh Warner Bros Pictures. Sejumlah pemain yang terlibat antara lain Fionn Whitehead, Tom Glynn-Carney, Jack Lowden, Harry Styles, Cillian Murphy, dan Tom Hardy.

Dunkirk dijadwalkan tayang di Indonesia mulai Kamis 20 Juli 2017.



 


(ELG)

Renjana Base Jam Bernostalgia

Renjana Base Jam Bernostalgia

1 day Ago

"Sesuai lagu kita yaitu, Jatuh Cinta dan Rindu. Bagaimana mengenang awal orang 'jatuh …

BERITA LAINNYA