Cerita di Balik Mantra Baru Film Jailangkung

Purba Wirastama    •    31 Mei 2017 11:08 WIB
film indonesia
Cerita di Balik Mantra Baru Film Jailangkung
Film Jailangkung (Foto: screenplay)

Metrotvnews.com, Jakarta: Ada yang beda dengan mantra pemanggil arwah di film Jailangkung  terbaru arahan Jose Poernomo dan Rizal Manrovani. Tidak seperti Jelangkung versi 2001, kali ini sang pelaku ritual harus bertanggung jawab menjemput-antar arwah yang dipanggil.

Menurut Jose, perubahan tersebut berangkat dari cerita salah satu orang yang datang menemui mereka dua tahun setelah film Jelangkung ditayangkan. Waktu itu banyak orang dengan ilmu berbeda bertemu Jose dan Rizal, dengan membawa cerita dan pertanyaan masing-masing terkait ritual jelangkung.

"Akhirnya ada satu orang yang spesifik cerita, bahwa mantra 'datang tak dijemput, pulang tak diantar' itu hasil revisi supaya main jelangkung nggak perlu mengantar pulang. Jadi mantranya diamankan,"

Mantra di film pertama ini sebenarnya telah berganti dalam film sekuel Tusuk Jelangkung  (2003) arahan Dimas Djayadingrat. Kata 'tak' dicoret sehingga menjadi 'datang dijemput, pulang diantar'. Dalam film Jailangkung, mantra berbunyi, 'datang gendong, pulang bopong'.

"Dulu (sebelum revisi) bagaimana? Datang gendong, pulang bopong. Pasti datang katanya. Dicoba (dan berhasil). Itu pertama kali saya lihat jelangkung gerak sendiri nggak dipegang. (Kenangan) itu nggak bisa ilang. Datang gendong, pulang bopong," ungkap Jose.

Film Jailangkung  bercerita tentang perjalanan tiga orang gadis dalam menguak misteri yang terjadi pada ayah mereka (Lukman Sardi), yang ditemukan koma secara misterius. Bella (Amanda Rawles), Angel (Hanna Al-Rashid), dan Tasya (Gabriella Quinlyn) berusaha menemukan jawaban.

Mereka dibantu oleh Rama (Jefry Nichol), teman kampus Bella peminat hal metafisik, serta seorang pilot (Augie Fantinus) yang mengantar ke tempat pertama ayah ditemukan. Mereka menemukan rumah besar di tengah hutan beserta jailangkung, boneka pemanggil arwah yang membuka rahasia gelap masa lalu dan kini membahayakan nyawa mereka.

Selain keenam pemain di atas, Wulan Guritno dan Butet Kertaradjasa juga terlibat sebagai pemeran. Skenario ditulis oleh Baskoro Adi Wuryanto. Sukdhev Singh dan Wicky V Olindo menjadi produser di bawah bendera Screenplay Films dan Legacy Pictures.

Jailangkung  dijadwalkan tayang di bioskop mulai Minggu 25 Juni 2017.


(DEV)