Alasan Christine Hakim Selalu Menolak Jadi Pengajar Akting

Cecylia Rura    •    20 Februari 2018 17:27 WIB
christine hakim
Alasan Christine Hakim Selalu Menolak Jadi Pengajar Akting
Christine Hakim saat ditemui di Plaza Indonesia, Thamrin, Jakarta Pusat, Selasa 20 Februari 2018. (Foto: Medcom.id/Cecylia Rura)

Jakarta: Berkecimpung di dunia keartisan selama 44 tahun, artis senior Christine Hakim memiliki pandangannya sendiri terhadap perkembangan dunia keartisan. Kendati dikatakan telah lama mengenyam asin garam di dunia hiburan, ia masih enggan jika diminta untuk mengajar soal akting.

"Saya selalu menolak kalau diundang untuk mengajarkan akting. Dari pengalaman saya, selama 44 tahun saya masih belajar. Bagaimana mau bisa belajar dalam waktu dua jam?!" kata artis berdarah Aceh-Minangkabau tersebut kepada awak media di kawasan Thamrin, Jakarta Pusat, Selasa 20 Februari 2018.

Bukan bermaksud tak ingin berbagi ilmu. Menurut Christine, sangat tidak masuk akal jika ilmu seni peran dipelajari dalam waktu singkat. Namun jika diminta untuk berbagi pengalaman, ia masih mau membuka diri.

"Kalau untuk berbagi saya kira mungkin dari pengalaman bisa," lanjutnya.

Baginya, menjadi seorang aktor hebat bukan hal yang mudah. Selama ini, di mata artis yang sempat bermain dalam film biopik Tjoet Nja' Dhien itu banyak aktor yang memanipulasi penonton dengan perannya. Contoh pada film biopik, butuh roh dan jiwa yang tak sekadar mirip secara fisik.

"Menjadi seorang aktor itu enggak mudah. Diperlukan memang keimanan yang kuat dan personaliti yang kuat karena dia harus keluar-masuk dengan karakter yang berbeda. Kalau enggak bisa, bahaya," papar Christine.

"Banyak sekali yang bisa nangis tersedu-sedu. Itu aktingnya hebat. Sebaliknya, kalau dia cuma diam, belum akting," lanjutnya.

Christine Hakim melihat, ada banyak bahasa untuk menyampaikan pesan dalam melakoni sebuah peran. Sehingga, hak itulah yang harus bisa disampaikam dengan baik oleh artis di depan kamera maupun di atas panggung.

"Saya melihatnya bahwa banyak sekali, ada bahasa oral, bahasa hati dan ada bahasa tubuh. Seorang aktor harus bisa mampu memilah itu," ujarnya.

"Enggak make sense menurut saya. Manusia terdiri jiwa dan raga, (mereka) tidak berpikir ada rohnya," katanya lagi.

"Paras cantik itu bonus."

Artis bernama lengkap Herlina Christine Nathalia Hakim itu telah membintangi sejumlah film dan meraih penghargaan bergengsi di dunia perfilman. Selama hampir lima dekade berada di dunia perfilman, wajar jika ia cukup kritis melihat perkembangan dunia hiburan Tanah Air.

Selain disibukkan dengan jadwal di dunia perfilman, Christine Hakim pernah didapuk menjadi duta United Nations Children's Fund (UNICEF) serta duta United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) untuk Indonesia.


 


(ELG)

Akhir Perjalanan Raja Festival Rock Log Zhelebour

Akhir Perjalanan Raja Festival Rock Log Zhelebour

5 days Ago

Log memastikan bahwa dalam waktu dekat, dia akan pensiun total dari bisnis pagelaran musik, ter…

BERITA LAINNYA