Michelle Ziudith Belajar Bahasa Jawa

Purba Wirastama    •    14 Desember 2018 11:00 WIB
Film Calon Bini
Michelle Ziudith Belajar Bahasa Jawa
Michelle Ziudith dan Cut MIni dalam film Calon Bini (Foto: Screenplay Films)

Jakarta: Setelah trilogi London Love Story, aktris Michelle Ziudith mendapat tantangan peran lain dalam film drama komedi terbaru Calon Bini garapan sutradara Asep Kusdinar. Dia memerankan Ningsih, perempuan muda dari Yogyakarta kampung yang mencari kerja ke ibukota karena soal keuangan.

Salah satu tantangan besar bagi aktris kelahiran 1995 ini adalah berdialog dalam bahasa Jawa beserta dialeknya. Selama sebulan persiapan, selain  membaca naskah versi bahasa Indonesia dan Jawa, Michelle juga ditemani pelatih bahasa yang membantunya belajar bahasa. 

"Aku ke pasar menawar pakai bahasa Jawa, nanti dia (pelatih) yang benerin, seharusnya begini," kata Michelle dalam jumpa pers di CGV FX Sudirman Jakarta, Kamis, 13 Desember 2018. 

Dari situ, Michelle baru tahu bahwa bahasa Jawa punya tiga tingkatan diksi, yang ditentukan salah satunya berdasarkan siapa lawan bicara.

"Jadi aku mulai memahami Jawa itu sampai konstruksi masyarakatnya," ujar Michelle.

Untuk tuntutan peran Ningsih itu, Michelle juga ikut mendengarkan lagu-lagu dangdut. Favoritnya adalah lagu-lgu yang dinyanyikan Nella Kharisma, misalnya Prei Kanan Kiri. 

"Banyak banget (lagu yang dikulik), tetapi lagu yang memang berhubungan dengan cinta-cinta ya, jadi mengartikannya seru," tukas Michelle. 

Calon Bini digarap oleh sutradara Asep Kusdinar bersama Screenplay Films. Naskahnya ditulis Titien Wattimena dan Novia Faizal berdasarkan ide cerita produser Sukhdev Singh. Selain Michelle, pemain yang terlibat antara lain Rizky Nazar, Slamet Rahardjo, Niniek L Karim, Cut Mini, Dian Sidik, Minati Atmanegara, Butet Kertaradjasa, Marwoto, Ramzi, Maya Wulan, dan Yuniza Icha. 

Calon Bini dijadwalkan rilis di bioskop pada Februari 2019.
 
(ASA)