Pemenang Eagle Awards 2016 Persembahkan Piala untuk Rakyat Papua

Elang Riki Yanuar    •    16 November 2016 12:37 WIB
eagle documentary
Pemenang Eagle Awards 2016 Persembahkan Piala untuk Rakyat Papua
Finalis Eagle Award (Foto: MI/Panca Syurkani)

Metrotvnews.com, Jakarta: Mama Amamapare berhasil keluar sebagai film terbaik Eagle Awards Documentary Competition 2016. Sang sutradara, Yonri Susanto dan Febian Kakisina mempersembahkan kemenangan mereka untuk rakyat Papua.

Film Mama Amamapare memang mengisahkan tentang partisipasi mama Yakoba yang membantu persalinan di Kampung Amamapare, Timika, Papua. Mama Yakoba tetap berusaha memberikan pelayanan kepada masyarakat di tengah keterbatasan.

"Kita persembahkan piala ini untuk masyarakat Papua. Film ini membawa nama Papua. Semoga masyarakat Papua bangga. Saya sangat terharu. Bisa sejauh ini pasti karena keluarga dan Tuhan. Ini untuk kemajuan Indonesia agar lebih baik lagi," Febian saat berbincang dengan Metrotvnews, usai meraih penghargaan di studio Metro TV, Jakarta.

Dewan juri yang diketuai Christine Hakim dan beranggotakan Angga Dwimas Sasongko dan Ifa Isfansyah memilih film ini karena cara bertuturnya yang berbeda dari finalis lain.

"Didasari pada kemampuan film ini yang tidak hanya jernih menyampaikan informasi. Tapi juga menghadirkan rasa yang begitu kuat dan menggugah emosi serta impresi. Sesuatu yang wajib ada dalam usaha bertutur atau story telling. Di samping itu, film juga mampu berbicara dengan lantang tentang problem yang saat ini sedang kita hadapi sebagai sebuah bangsa," jelas Christine Hakim.

Lewat film ini, Yonri dan Febian berharap pemerintah segera melakukan perbaikan dalam layanan kesehatan di Papua. Mereka juga mengajak sineas muda lain mengangkat fenomena sosial yang ada di sekitarnya ke dalam film.

"Kita ingin ada perbaikan terhadap layanan kesehatan di Papua. Kita juga ingin menunjukkan bagaimana cara film dokumenter lebih berani. Sineas muda dalam hal tema dan cara bertutur harus lebih berani. Kalau memang mau mengkritisi pemerintah, langsung saja. Jangan setengah-setengah. Film bisa mengubah realita," kata Yonri.

Selain memberikan piala untuk Mama Amamapare, Eagle Awards Documentary Competition 2016 juga menganugerahi piala untuk film Sketsa Dua Kisah dalam kategori Pilihan Pemirsa dan film Kutukan Tak Bertuan dalam kategori Rekomendasi Juri.

 


(ELG)

Senandung Senja Yon Koeswoyo

Senandung Senja Yon Koeswoyo

1 month Ago

Tubuh pria tua itu hanya bersandar di sebuah sofa berwarna cokelat. Seorang kawan di dekatnya m…

BERITA LAINNYA