Chicco Jerikho Dukung Langkah Tegas Pemerintah Menindak Pembajak

Agustinus Shindu Alpito    •    14 Maret 2017 20:37 WIB
chicco jerikho
Chicco Jerikho Dukung Langkah Tegas Pemerintah Menindak Pembajak
Chicco Jerikho (Foto: MI/Adam Dwi)

Metrotvnews.com, Jakarta: Berbagai upaya dilakukan oleh para sineas dan pemerintah untuk memberantas pembajakan. Salah satu yang terbaru adalah dengan membuat iklan audio-visual yang dibintangi oleh aktor Chicco Jerikho.

Iklan itu nantinya akan ditayangkan melalui jaringan bioskop XXI, CGV, dan Cinemaxx, juga disebar di media sosial. Dalam jumpa pers terkait kampanye anti-pembajakan film di Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, Selasa (14/3/2017), Chicco mengapresiasi langkah tegas pemerintah untuk menindak para pembajak film dengan jeratan pasal hukum.

"Banyak pihak yang dirugikan (dengan pembajakan film), emang pantas diberlakukan pasal biar ada efek jera," ujar Chicco.

Dalam praktiknya, pembajakan film memang sangat dekat dengan masyarakat. Berbagai film rilisan terbaru dapat dengan mudah ditonton di internet secara ilegal.

"Pernah ada beberapa orang yang nonton film saya di YouTube, dengarnya saja sudah lumayan ngenes," kata Chicco.

Angga Dwimas Sasongko, sutradara sekaligus Ketua Bidang Advokasi Kebiajakan Publik Asosiasi Produser Film Indonesia (APROFI), turut angkat bicara terkait masalah pembajakan. Angga didaulat membesut iklan audio-visual tentang anti-pembajakan yang dibintangi oleh Chicco.

"Kita merasa salah satu cara untuk terus bertahan bikin film lagi harus ada perubahan, penindakan yang tegas dan harus ada kesadaran di Indonesia, salah satu konsekuensinya yang bajak ya dipenjara," kata Angga.

Angga berharap melalui sosialisasi dan edukasi soal pembajakan, masyarakat sadar untuk menghargai kekayaan intelektual, termasuk film.

"Kita kan jadi punya komunikasi ke penonton lewat iklan ini. Saya sebagai sutradara pengin kasih tahu kalau bajak film bisa dipenjara," lanjut Angga.


(ELG)

Sempat Terlilit Utang, Souljah Kini Menuju Dua Dasawarsa

Sempat Terlilit Utang, Souljah Kini Menuju Dua Dasawarsa

2 weeks Ago

Memulai langkah dengan 'nekat', Souljah kini menjadi salah satu band reggae cukup diseg…

BERITA LAINNYA