Upi Rekrut Aktor Baru untuk Film My Generation

Purba Wirastama    •    11 Oktober 2017 14:42 WIB
Upi Rekrut Aktor Baru untuk Film My Generation
Kru dan pemain My Generation (dok IFI Sinema)

Metrotvnews.com, Jakarta: Film My Generation menjadi debut karya Lutesha, Briyan Langelo Warouw, Alexandra Kosasie, dan Arya Vasco sebagai aktor utama. Penulis dan sutradara Upi mengaku bahwa sejak awal dia memang berniat mengisi filmnya dengan wajah-wajah baru.

"Pertama ketemu Mas Adi (produser), saya bilang saya harus memasukkan pemain baru, anak-anak muda yang harus sesuai dengan film dan karakter ini," kata Upi dalam jumpa pers di kawasan Kebayoran Jakarta.

"Saya enggak mau orang sudah tua berperan jadi anak muda. Terus saya mau pemain yang masih fresh. Jadi memang kami audisi lama, benar-benar cari ke beberapa daerah untuk dapat karakter mereka ini," imbuhnya.

Menurut Upi, pencarian aktor berlangsung sekitar lima bulan di sejumlah kota, termasuk Bandung, Yogyakarta, dan Bali. Urusan berburu kandidat dipercayakan kepada Andhika Dharmapermana, yang mencari aktor potensial untuk dipanggil audisi. Terpilih mereka berempat untuk memerankan tokoh Suki, Zeke, Orly, dan Konji.

"Mereka sebenarnya enggak punya acuan akting harus begini. Beda dengan aktor yang harus seperti ini, itu. Mereka jadi diri sendiri, natural. Lalu percaya diri dalam berakting, saya sangat salut," ujar Upi.

Saat syuting, Upi menyebut akting mereka sangat baik kendati belum punya pengalaman akting. Tantangan dia adalah membuat mereka nyaman berada di depan kamera. Selain itu, yang tak kalah krusial adalah bagian dialog.

"Enggak ada masalah dengan akting mereka, sedikit pun enggak ada masalah. Mereka itu perfect banget. Tapi masalahnya artikulasi karena anak sekarang lebih banyak aktif media sosial, mereka jarang ngomong sama orang. Yang sering saya permasalahkan artikulasi, ujar Upi.

My Generation bercerita tentang empat sahabat SMA milenial yang memiliki konflik dan gugatan berbeda-beda terhadap lingkungan keluarga serta sekolah. Video protes buatan mereka menjadi viral di sekolah. Buntutnya adalah hukuman tak boleh pergi berlibur.

Namun mereka terlalu keren untuk mengutuki keadaan dan membuat orang-orang yang sudah menghukum mereka puas. Liburan sekolah yang terkesan tidak istimewa, akhirnya membawa mereka ke berbagai kejadian dan petualangan, yang memberi pelajaran sangat berarti.

Naskah film dikerjakan oleh Upi yang sekaligus menjadi sutradara. Produksi dilakukan oleh IFI Sinema dengan produser Adi Sumarjono, Sendi Sugiharto, dan Ie Keng Siang. Aktor lain yang terlibat Aida Nurmala, Indah Kalalo, Ira Wibowo, Joko Anwar, Karina Suwandi, Surya Saputra, dan Tyo Pakusodewo.

My Generation dijadwalkan tayang di bioskop mulai Kamis 9 November 2017.


 
(ELG)