Posesif Raih Tiga Penghargaan Festival JAFF 2017

Purba Wirastama    •    08 Desember 2017 11:57 WIB
film indonesia
Posesif Raih Tiga Penghargaan Festival JAFF 2017
Posesif dan Sekala Niskala (Foto: ist)

Yogyakarta: Posesif meraih tiga penghargaan dalam ajang Jogja-NETPAC Asian Film Festival. Film arahan Edwin ini menang di kategori Film Terbaik, Aktor Terbaik, dan Sinematografi Terbaik.

Posesif berkompetisi dengan sembilan film domestik lain dalam program JAFF Indonesian Screen Awards. Ini merupakan kompetisi baru dari JAFF khusus film domestik. Sebelumnya program ini bernama The Faces of Indonesian Cinema dan hanya berupa pemutaran non kompetisi.

Ada tiga kategori penghargaan lain. Ernest Prakasa meraih Sutradara Terbaik lewat film Cek Toko Sebelah. Fathan Todjon menang di kategori Naskah Terbaik lewat film Galih & Ratna. Film pendek Kisah di Hari Minggu garapan Adi Marsono menang sebagai Film Terbaik setelah bersaing dengan delapan film lain.

Dalam program kompetisi utama JAFF, ada The Seen and Unseen (Sekala Niskala) yang meraih Golden Hanoman Award, atau film cerita panjang Asia terbaik. Posisi kedua, Silver Hanoman Award, diraih film By the Time It Gets Dark dari sutradara Thailand Anocha Suwichakornpong.

NETPAC Award, penghargaan untuk sutradara Asia yang berkontribusi atas gerakan sinema baru, diberikan kepada Jatla Siddhartha dari India atas film Love and Shukla. Lalu ada penghargaan Jury Special Mention untuk Mouly Surya atas film Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak.

My Father's Room garapan sutradara Korea Selatan Nari Jang meraih Blencong Award, atau film pendek Asia terbaik dalam program Light of Asia. Aqerat garapan Edmund Yeo dari Malaysia dipilih sebagai film Asia terbaik oleh para komunitas film yang berkumpul di JAFF. 

Terakhir ada Tradition garapan Lanka Bandaranayake dari Sri Lanka yang dipilih sebagai film terbaik oleh perwakilan pelajar sekolah film di Yogyakarta.

Tahun ini merupakan kali ke-12 JAFF digelar. JAFF 2017 membawa sedikitnya 113 film dari 22 negara Asia. Festival ini akan ditutup pada hari ini, Jumat 8 Desember 2017.





(ELG)