TV Kabel Jepang akan Siarkan Tayangan Netflix

Purba Wirastama    •    29 Mei 2018 20:03 WIB
netflix
TV Kabel Jepang akan Siarkan Tayangan Netflix
TV Kabel Jepang akan Siarkan Tayangan Netflix (Foto: via paratic.com)

Tokyo: Kehadiran layanan streaming on demand seperti Netflix mengubah cara banyak orang menikmati film, serial, atau musik di rumah. Kenaikan popularitas layanan ini kerap dibandingkan dengan layanan yang lebih dulu berjaya, yaitu saluran tv kabel berbayar.

Namun lain cerita di Jepang karena kedua kubu bekerja sama dan membuat terobosan. Kabar yang terakhir, Menurut laporan Variety, pengelola jaringan tv kabel terbesar di Jepang, J:Com, akan menyiarkan konten dari Netflix mulai September 2019.

Pelanggan J:Co butuh perangkat penerima khusus lain untuk bisa menikmati layanan ini. Mereka juga akan membayar biaya langganan, tetapi besarannya masih dalam tahap negosiasi dan diharapkan lebih kecil dari pelanggan Netflix reguler.

Variety menyebut bahwa layanan streaming butuh waktu lebih lama untuk populer dan digunakan di Jepang. Banyak orang memilih bertahan dengan saluran tv kabel dibanding streaming, kendati mereka bisa mendapat akses lebih mudah lewat ponsel atau perangkat bergerak lain. Sebagian lagi memilih media fisik yang bisa dikoleksi.

Beberapa terobosan kerja sama dilakukan. Pada 2015, menurut laporan Japan Bullet, jaringan Fuji TV bekerja sama dengan Netflix untuk menayangkan konten produksi mereka lewat layanan streaming tersebut. Tahun sebelumnya, Nippon TV membeli penyedia layanan streaming lain, Hulu. Lewat Hulu, pelanggan bisa menikmati konten buatan Nippon TV.

J:Com sendiri bergerak sebagai jaringan tv kabel sejak 1995 dan telah mencapai angka lima juta pelanggan pada akhir 2013. Mereka punya 17 kanal di lima layanan.

Sementara itu, Netflix terus memperbesar konten produksi asli mereka pada tahun ini. Seperti diberitakan sebelumnya, Netflix menargetkan akan memiliki 1.000 judul film dan serial asli pada akhir 2018.

 


(ELG)

Seksisme dan Biduan Dangdut

Seksisme dan Biduan Dangdut

1 week Ago

Unsur seksisme bahkan lekat dengan profesi pedangdut ini. Seksisme merupakan penghakiman, prasa…

BERITA LAINNYA