Gus Ipul Puji Film Nyai Ahmad Dahlan Penuh Inspirasi

Amaluddin    •    23 Agustus 2017 07:00 WIB
film indonesia
Gus Ipul Puji Film Nyai Ahmad Dahlan Penuh Inspirasi
Wagub Jatim Saifullah Yusuf di sela-sela nonton bersama di XXI Grand City Surabaya (MTVN/Amal)

Metrotvnews.com, Surabaya: Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf mengapresiasi film Nyai Ahmad Dahlan yang dia nilai sebagai salah satu film yang layak untuk ditonton masyarakat. Film karya rumah produksi Iras Film ini menceritakan sosok pahlawan nasional yang gigih berjuang demi kemajuan kaum perempuan.

"Ada perempuan hebat di sekitar kita. Kita sebenarnya tidak harus mencari inspirasi di negara lain. Kita bisa berguru, di antaranya pada Bu Nyai Siti Walidah," kata Gus Ipul, sapaan akrabnya, di sela-sela nonton bersama tayangan perdana secara terbatas (gala premier) di XXI Grand City Surabaya, Selasa, 22 Agustus 2017.

Menurut Gus Ipul, sosok Nyai Walidah di film ini menggambarkan bagaimana orang-orang hebat seperti KH Ahmad Dahlan lahir jika di sisinya juga ada istri yang hebat pula.

Film yang siap tayang mulai 25 Agustus 2017 ini juga mengandung banyak tuntunan hidup serta tontonan yang cukup menghibur.

"Perjalanan hidup Bu Nyai Walidah sungguh menginspirasi dan layak untuk kita jadikan teladan dalam kehidupan sehari-hari. Beliau ini sosok yang hebat, sebelum melahirkan (organisasi) Aisyiyah beliau juga melahirkan Podo Tresno," kata Gus Ipul.

Karenanya, Gus Ipul mengajak masyarakat untuk ikut menonton film ini. Selain menginspirasi, banyak pelajaran tentang inspirasi kaum wanita yang bisa dipelajari dari film ini.

Sementara itu Izul Muslimin, Wakil Ketua Lembaga Seni Budaya dan olahraga PP Muhammadiyah yang juga pencipta lagu Cinta Melampaui Zaman yang menjadi soundtrack film ini mengatakan, film ini sengaja diangkat untuk menumbuhkan rasa kebangsaan dan cinta tanah air pada sosok pahlawan nasional.

"Saat ini belum banyak sosok pahlawan nasional perempuan yang diangkat menjadi sebuah film biopik. Hanya beberapa saja yang sudah diangkat padahal sangat banyak dan sosok mereka bisa menjadi suri tauladan bagi masyarakat," kata dia.

Film Nyai Ahmad Dahlan, sendiri dibintangi David Chalik dan Tika Bravani.

Dalam gala premier di XXI Grand City Surabaya ini, setidaknya juga dihadiri puluhan pengurus PW Muhammadiyah Jawa Timur di antaranya Ketua PW Muhammadiyah Jatim Saat Ibrahim; serta Sekretaris PW Muhammadiyah Nadjib Hamid.

Gus Ipul sendiri menonton film ini bersama Istri, Ibu Fatma Saifullah Yusuf. Beberapa pemeran dalam film serta keluarga dari KH Ahmad Dahlan juga hadir.



 


(ELG)

Menjaga Nyawa Clubeighties

Menjaga Nyawa Clubeighties

1 day Ago

Menjaga nyawa grup musik selama sembilan belas tahun bukan perkara mudah. Terlebih, dengan diti…

BERITA LAINNYA