Rizal Mantovani Gunakan Pendekatan Horor Berbeda untuk Film Gerbang Neraka

Purba Wirastama    •    04 September 2017 08:51 WIB
film indonesia
Rizal Mantovani Gunakan Pendekatan Horor Berbeda untuk Film Gerbang Neraka
(Foto: Twitter)

Metrotvnews.com, Jakarta: Sutradara film horor Rizal Mantovani menyatakan bahwa dia memakai pendekatan berbeda untuk film horor Gerbang Neraka  produksi Legacy Pictures. Kisahnya berkutat pada tema arkeologi dan dikemas dalam balutan horor, fantasi, serta avontur.

 
"Film horor (saya) biasanya ada legenda urban. Dulu pernah ada setan apa. Kali ini enggak. Kami enggak mau (film ini) berdasarkan sebuah legenda urban, tapi berdasar situs faktual. Itu yang bisa bikin (Gerbang Neraka) berbeda," kata Rizal di Plaza Indonesia Jakarta, belum lama ini.
 
Setelah debut film panjang horor Jelangkung  (2001), Rizal sudah membuat sedikitnya 11 film horor dengan kisah hantu masyarakat urban. Misalnya trilogi Kuntilanak  (2006-2008), Jenglot Pantai Selatan  (2011), dan Jailangkung  (2017). Untuk cerita Gerbang Neraka, Rizal berpijak pada mitos dan fakta seputar Piramida Gunung Padang di Jawa Barat. 
 
Menurut Rizal, situs megalitikum ini sebenarnya berusia lebih tua dari situs piramida di Mesir, telah menjadi sorotan dunia, tetapi punya seluk beluk yang masih misterius dan belum dapat diungkap secara jelas ke publik. Tim produksi melakukan riset data selama sekitar enam bulan.
 
"Jadi seru untuk bisa (mereka-reka cerita fiksi dengan pertanyaan) what if. Bagaimana kalau di dalamnya (piramida) ada ini. Jadi kita bisa banyak bermain (dengan cerita) dan mungkin bukan saya saja. Setelah film Gerbang Neraka keluar dengan berbagai macam teori mengenai Gunung Padang, bisa jadi ada pembuat film lain yang mau (bilang) di dalamnya ada ini," tutur Rizal. 
 
Rizal juga mengaku ingin memantik diskusi seputar situs arkeologi. Kendati film menyajikan unsur cerita fantasi dan petualangan dalam nuansa horor, dia menyelipkan pandangan dia dan penulis naskah Robert Ronny terkait misteri Piramida Gunung Padang.
 
"Jadi orang (penonton) juga diajak berpikir karena di belakang ada twist (pelintiran alur cerita), yang mudah-mudahan menjadi sesuatu untuk didiskusikan. Tidak hanya terbatas pada diskusi setan atau apa," ujar Rizal. 
 
Kisah Gerbang Neraka  mengikuti petualangan jurnalis (Reza Rahadian), arkeolog (Julie Estelle), dan paranormal (Dwi Sasono), dalam membuka tabir misteri Piramida Gunung Padang di Jawa Barat. Setelah tahu bahwa piramida menjadi penjara bagi iblis jahat, mereka harus mencegah bencana besar terjadi.
 
Gerbang Neraka  dijadwalkan tayang mulai Rabu 20 September 2017.




(DEV)

Menjaga Nyawa Clubeighties

Menjaga Nyawa Clubeighties

4 days Ago

Menjaga nyawa grup musik selama sembilan belas tahun bukan perkara mudah. Terlebih, dengan diti…

BERITA LAINNYA