Layar Perak

LSF Bantah Sensor Film Membatasi Kebebasan Berekspresi

   •    10 April 2017 13:33 WIB
film
LSF Bantah Sensor Film Membatasi Kebebasan Berekspresi
Ilustrasi. (Foto: ANTARA/Hasan Sakri)

Metrotvnews.com, Jakarta: Ketua Lembaga Sensor Film (LSF) Indonesia Ahmad Yani Basuki membantah tudingan bahwa sensor film membatasi pekerja film dalam menuangkan ekspresi. Ahmad Yani mengatakan sensor dilakukan untuk memangkas pengaruh negatif yang ditunjukkan dalam film.

"Saya enggak setuju, LSF tidak berpikiran semacam itu. Tapi, kewajiban melindungi masyarakat dari pengaruh negatif film, iya. Itu menjadi garda budaya bangsa," ujar Ahmad Yani, dalam Layar Perak, Sabtu 8 April 2017.

Ahmad Yani menyebut pemotongan scene sebagai bagian dari sensor film dilakukan ketika LSF mengklasifikan film. Misalnya adegan-adegan yang dianggap tak pantas dalam kategori film usia 13 tahun. 

Tak hanya soal pornografi, LSF juga akan menyensor unsur-unsur lain dalam film yang dianggap tidak pantas untuk kemudian direkomendasikan kepada pembuat film agar direvisi. Misalnya soal agama.

"Agama bisa kita revisi kalau katakanlah tidak cukup mendalam dalam kajian agamanya sehingga kalau ditayangkan pasti gaduh. Itu aspek pertahanan jangan sampai ada kegaduhan," kata Yani.

Ahmad Yani mengatakan, sensor film tidak dilakukan dengan sembarangan. Sebelum LSF menyatakan bahwa film tidak layak tayang dan harus direvisi, pihaknya terlebih dahulu akan melihat konteks scene dalam film tersebut.

Misalnya penggunaan pakaian yang minim di area kolam renang. Adegan tersebut tidak harus dipotong atau disensor dengan cara blur, sebab secara konteks dinilai wajar untuk kategori dewasa atau 18 tahun ke atas.

"Film harus dilihat utuh, kalau itu konteks enggak apa-apa, misalnya orang di kolam renang ya pakaiannya begitu, tidak mungkin kita blur. Kami mengerti betapa susahnya membuat film dan betapa besarnya biaya membuat film, itu juga yang menjadi pertimbangan kami ketika melakukan sensor," jelas Yani.




(MEL)

Cinta 99% Dea Dalila

Cinta 99% Dea Dalila

4 days Ago

Di momen yang tepat dan didukung tekad yang kuat, Dea memberanikan diri. Dia resmi memutuskan k…

BERITA LAINNYA