Cornelio Sunny Jadi Bule Italia di Film Kenapa Harus Bule?

Purba Wirastama    •    15 Maret 2018 22:26 WIB
Cornelio Sunny
Cornelio Sunny Jadi Bule Italia di Film Kenapa Harus Bule?
Cornelio Sunny (Foto: medcom/purba)

Jakarta: Aktor Indonesia-Meksiko Cornelio Sunny ikut bermain di film Kenapa Harus Bule? garapan penulis-sutradara Andri Cung. Dalam film ini, dia berperan sebagai Gianfranco, bule asal Italia yang terlalu nyaman tinggal di Bali dan suka kehidupan pantai.

"Tantangan saya teknis sekali. Saya bukan orang Italia. Jadi saya harus belajar bahasanya, gesture yang menyerupai mereka," kata Lio usai press screening di Plaza Indonesia Jakarta, Kamis, 15 Maret 2018.

"Saya riset ke Italia. Kata orang-orang Eropa, saya mirip orang Sisilia, bagian selatan Italia. Percaya diri saya tumbuh di situ," lanjutnya.

Riset dilakukan Lio saat kebetulan sedang berlibur ke Jerman selama satu setengah bulan. Dia pergi ke Sisilia, Italia, lewat perjalanan darat untuk mempelajari kehidupan dan gerak-isyarat penduduk lokal dekat pantai.

"Saya menemukan sosok orang-orang Italia di Sisilia yang ada pantainya, cenderung seperti beach boys seperti Gianfranco, yang suka pantai dan hidup dengan kenyamanan sendiri," ujar Lio.

Kepercayaan diri Lio semakin tumbuh saat dia menjumpai orang Italia yang warna kulitnya gelap seperti dia. Bahkan oleh orang-orang Jerman, dia sempat dianggap sebagai orang Italia. Tantangan peran dari Andri pun diterima.

Setelah pulang ke Indonesia, Lio belajar bahasa percakapan Italia terlebih dulu. Dia ikut kursus privat bahasa dengan kawannya selama enam bulan. Baru setelah itu, dia masuk ke tahap reading naskah bersama sutradara dan para pemain lain.

Bagi Lio, hal paling sulit dari bahasa Italia adalah gerakan tangan saat sedang berbicara. Dia menyebut orang Italia tidak bisa lepas dari gerak-isyarat saat sedang berbicara dalam bahasa Italia. Mulai dari mengatakan lapar sampai memuji makanan yang enak.

"Kalau bahasa dan logat, (Italia) mirip dengan Spanyol. Ayah saya orang Meksiko, jadi saya punya basis Spanyol. Hal yang sulit gesture karena kalau beda sedikit, itu artinya langsung berbeda. Sisi menarik Italia di situ," tukasnya.

Film ini mengikuti kisah Pipin (Putri Ayudya), perempuan usia 29 yang memimpikan jodoh seorang pria bule. Segala macam cara dilakukan, mulai dari berburu bule di aplikasi kencan online, hingga pergi ke bar-bar di Jakarta. Namun hasilnya nihil.

Atas anjuran Arik (Michael Kho) sahabatnya, Pipin pindah ke Bali demi meneruskan pencarian. Bagai surga, Pipin bertemu Gianfranco (Cornelio), bule Italia yang tergila-gila padanya, serta Ben (Natalius Chendana) yang juga jatuh hati padanya. Namun kehidupan di Bali tak seindah bayangan. Tabungan menipis, tempat tinggal mahal, dan pekerjaan tetap tak kunjung datang. Pipin terbentur dilema.

Andri Cung menulis naskah dan menjadi sutradara. Nia Dinata menjadi produser bersama Kyo Hayanto di bawah label Kalyana Shira Films dan Good Sheep untuk Viu Indonesia. Ini film panjang kedua Andri dan sekaligus film perdana produksi Viu Indonesia.

Kenapa Harus Bule? akan dirilis terlebih dulu di bioskop pada Kamis, 22 Maret 2018.





 
(ELG)